Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Kelas XI Materi Asam Basa Untuk Pembentukan Karakter Peserta Didik

Rahman, Nanang (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Kelas XI Materi Asam Basa Untuk Pembentukan Karakter Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nanang-rahman-10708251018.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran kimia SMA kelas XI materi asam basa untuk meningkatkan hasil belajar dan pembentukan karakter peserta didik, (2) mengetahui kualitas dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar dan pembentukan karakter antara peserta didik yang diajarkan menggunakan perangkat hasil pengembangan dengan yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model 4-D yang memiliki tahapan Define, Design, Develop dan Disseminate. Namun, tahapan Disseminate tidak dilaksanakan. Subjek coba dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA N 11 Yogyakarta, pada uji coba terbatas menggunakan 10 peserta didik dan pada uji coba lapangan menggunakan 31 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar validasi perangkat pembelajaran, angket, lembar observasi, dan tes (pre-test dan post-test). Masukan terhadap perangkat pembelajaran hasil pengembangan digunakan sebagai dasar dalam perbaikan pada tahap selanjutnya. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang meliputi: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan peserta didik, dan instrumen penilaian. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli, pendidik, dan teman sejawat, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara umum memiliki kategori “sangat baik”. Pembelajaran dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan peneliti dapat membentuk karakter disiplin, tanggung jawab, kreatif, komunikatif dan teliti. Penggunaan perangkat pembelajaran hasil pengembangan juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil uji-t, maka terdapat perbedaan hasil belajar dan pembentukan karakter peserta didik yang diajarkan dengan perangkat hasil pengembangan dengan yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 03:06
Last Modified: 29 Jan 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8352

Actions (login required)

View Item View Item