Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA untuk Mengembangkan Karakter Siswa SD Kelas V

Subhan, Muhammad (2012) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA untuk Mengembangkan Karakter Siswa SD Kelas V. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-subhan-10712251008.swf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat SSP IPA sekolah dasar kelas V yang terintegrasi dengan karakter. Pengembangan SSP digunakan untuk mengembangkan karakter kecerdasan intrapersonal dan kepedulian serta meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar kelas V. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Proses pengembangan dilakukan melalui 7 tahap yaitu penelitian pendahuluan dan mengumpulkan informasi, perencanaan, pengembangan draft, uji coba awal (uji coba terbatas), revisi produk pertama, uji coba akhir (uji coba lapangan), dan revisi produk operasional. Subjek uji coba terbatas pada penelitian ini adalah 8 orang siswa siswa SDN Caturtunggal 4 Yogyakarta kelas V B. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen adalah 33 orang siswa SDN Puren Yogyakarta kelas V dan pada kelas kontrol adalah 31 orang siswa SDN Caturtunggal 4 Yogyakarta kelas V A. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi perangkat SSP, lembar observasi karakter, angket dan tes hasil belajar IPA (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SSP hasil pengembangan ditinjau dari aspek silabus, aspek RPP, aspek materi ajar, aspek LKS, aspek soal tes hasil belajar, lembar observasi, dan aspek angket repon siswa, menurut ahli berkategori “baik”. Penerapan SSP dalam pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan kategori “baik”. Respon siswa terhadap penggunaan SSP dalam pembelajaran adalah “baik”. Hasil penerapan SSP dalam pembelajaran IPA terbukti dapat mengembangkan karakter cerdas intrapersonal dan peduli siswa. Rerata skor karakter cerdas intrapersonal yaitu 12,67 dengan kategori “baik”. Rerata skor karakter peduli yaitu 19,67 dengan kategori “baik”. Penerapan SSP dalam pembelajaran IPA tidak dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, SSP, karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 03:06
Last Modified: 29 Jan 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8349

Actions (login required)

View Item View Item