Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division Berbasis Pedagogical Chemistry Knowledge terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Kimia

Mashuri, Mohan Taufiq (2012) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division Berbasis Pedagogical Chemistry Knowledge terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Kimia. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mohan-taufiq-mashuri-10708251032.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; (1) perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK), model pembelajaran kooperatif STAD, dan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar peserta didik, (2) perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif STAD berbasis PChK, model pembelajaran kooperatif STAD, dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar bila kemampuan awal peserta didik dikendalikan, khususnya untuk materi pokok reaksi oksidasi reduksi pada kelas X semester genap di SMA Negeri 7 Mataram tahun ajaran 2011/2012. Penelitian eksperimen semu dengan pretest and posttest nonequivalent control group design ini mengandung satu variabel bebas dan dua variabel terikat. Variabel bebas adalah model pembelajaran sedangkan variabel terikat adalah motivasi dan prestasi belajar. Dalam penelitian ini juga terdapat kovariabel pengetahuan awal. Populasi adalah 532 peserta didik kelas X di SMA Negeri 7 Mataram. Sampel adalah 131 peserta didik yang terbagi dalam kelas eksperimen pertama (X.H), kelas eksperimen kedua (X.J), dan kelas kontrol (X.K). Pada kelas eksperimen pertama diterapkan model pembelajaran kooperatif STAD berbasis PChK, pada kelas eksperimen kedua diterapkan model pembelajaran kooperatif STAD, dan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan angket motivasi belajar dan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan ANAVA dan ANAKOVA pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran kooperatif STAD berbasis PChK secara signifikan berpengaruh lebih baik terhadap motivasi belajar peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD dan model pembelajaran konvensional (diuji menggunakan ANAVA dengan F=4,28 pada α=0,05); (2) model pembelajaran kooperatif STAD berbasis PChK secara signifikan berpengaruh lebih baik terhadap prestasi belajar bila kemampuan awal peserta didik dikendalikan dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD dan model pembelajaran konvensional (diuji menggunakan ANAKOVA dengan F=13,025 pada α=0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, STAD, PChK, motivasi, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 03:06
Last Modified: 29 Jan 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8344

Actions (login required)

View Item View Item