KUKUH DWI, ISMANTO (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMBANG MACAPAT MIJIL MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1-08205244064.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-08205244064.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-08205244064.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5-08205244064.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan langkah-langkah dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif tembang Mijil yang dikemas dalam bentuk fisik CD (Compact Disc) pada mata pelajaran bahasa Jawa, dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa Sekolah Dasar. Selain itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kualitas produk media pembelajaran yang dikembangkan, agar layak digunakan sebagai media belajar mandiri bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model prosedural, berdasarkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah-langkah dalam pengembangan media pembelajaran ini dilakukan melalui lima tahapan, yaitu (1) tahap analisis; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap validasi dan ujicoba; (5) tahap akhir produk media pembelajaran. Setelah menghasilkan produk berupa media pembelajaran dalam bentuk CD (Compact Disc) menggunakan aplikasi Macromedia Flash Professional 8, kemudian diuji kelayakannya dengan melakukan validasi oleh dosen ahli materi, dan dosen ahli media. Saran dari hasil validasi digunakan untuk merevisi produk. Setelah media dinyatakan layak, kemudian dilakukan penilaian oleh guru bahasa Jawa SD, dan ujicoba media pembelajaran kepada siswa kelas V SD Negeri 1 Banjarwinangun yang berjumlah 28 siswa, diakhiri dengan mengerjakan evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi tembang Mijil. Kualitas produk media yang dikembangkan berdasarkan validasi dosen ahli materi yang terdiri dari 2 aspek penilaian, memperoleh rata-rata persentase sebesar 87,75%, termasuk dalam kategori sangat baik. Validasi oleh dosen ahli media yang terdiri dari 2 aspek penilaian, memperoleh rata-rata persentase sebesar 85%, termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian guru bahasa Jawa SD yang terdiri dari 2 aspek penilaian, memperoleh rata-rata persentase sebesar 90%, termasuk kategori sangat baik. Hasil angket tanggapan siswa memperoleh persentase sebesar 92,2%, termasuk kategori sangat setuju terhadap media pembelajaran yang dikembangkan tersebut. Hasil pemerolehan nilai evaluasi siswa rata-rata 82,1% siswa dapat mencapai KKM yang ditetapkan, membuktikan tingkat keefektifan media pembelajaran tembang Mijil yang dikembangkan sangat baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 03:06 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 04:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8338 |
Actions (login required)
View Item |