Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Fase C di SD Negeri Se-Kalurahan Palbapang

Pratiwi, Danti Fajar (2024) Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Fase C di SD Negeri Se-Kalurahan Palbapang. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_danti fajar pratiwi_20604224049.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik fase C di SD Negeri Se- Kalurahan Palbapang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V dan VI (Fase C). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah 124 peserta didik yang terdiri dari 58 putra dan 66 putri. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran sesuai dengan Pedoman TKSI. Analisis data dilakukan dengan menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebugaran jasmani putra berada di kategori “sangat baik” sebesar 5,17% (3 siswa), kategori “baik” sebesar 32,76% (19 siswa), kategori “cukup” sebesar 31,03% (18 siswa), kategori “kurang” sebesar 22,41% (13 siswa), dan kategori “sangat kurang” sebesar 8,62% (5 siswa). Berikutnya tingkat kebugaran jasmani putri berada di kategori “sangat baik” sebesar 9,09% (6 siswa), kategori “baik” sebesar 19,70% (13 siswa), kategori “cukup” sebesar 37,88% (25 siswa), kategori “kurang” sebesar 25,76% (17 siswa), dan kategori “sangat kurang” sebesar 7,58% (5 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: kebugaran jasmani, peserta didik fase C, TKSI
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:13
Last Modified: 24 Sep 2024 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83288

Actions (login required)

View Item View Item