Abdillah, Fahmi (2024) Tingkat Kecemasan Siswa Kelas V Dalam Mengikuti Pembelajaran Praktik Pembelajaran Rounders di SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
Text
fulltext_fahmi abdillah_19604221051.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kecemasan siswa kelas V SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran dalam mengikuti pembelajaran praktik permaianan rounders. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Siswa kelas V SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran berjumlah 28 anak menjadi subyek dalam penelitian ini. Menggunakan angket dengan total keseluruhan sebanyak 36 item pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya untuk mengumpulkan data. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, diketahui bahwa siswa kelas V SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran 2 siswa (7,14%) memiliki tingkat kecemasan sangat rendah, 7 siswa (25,00%) memiliki tingkat kecemasan rendah, 12 siswa (42,86%) memiliki tingkat kecemasan sedang, 6 siswa (21,43%) memiliki tingkat kecemasan tinggi, dan 1 siswa (3,57%) memiliki tingkat kecemasan sangat tinggi. Berdasarkan data yang diperoleh, 12 siswa memiliki frekuensi tertinggi dengan tingkat kecemasan yang termasuk dalam kategori “sedang” yaitu 42,86%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Dr. Raden Sunardianta, M.Kes. |
Uncontrolled Keywords: | kecemasan, permainan rounders, pembelajaran praktik |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:21 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 02:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83284 |
Actions (login required)
View Item |