Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Pembelajaran Matematika SMP.

Setiawati, Agustina and Arliani, Elly (2024) Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Pembelajaran Matematika SMP. S2 thesis, Sekolah Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis_agustina setiawati_21701251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan konstruk instrumen penilaian karakter pada pembelajaran matematika siswa SMP, (2) menganalisis kualitas instrumen yang dikembangkan, (3) menganalisis karakteristik instrumen yang dikembangkan, dan (4) menganalisis profil karakter siswa SMP dalam menyelesaikan instrumen yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadopsi dari Azwar (2022) dengan sembilan langkah yaitu: (1) identifikasi tujuan ukur, (2) pembatasan domain ukur, (3) operasionalisasi aspek, (4) penulisan item, (5) uji keterbacaan, (6) field test, (7) seleksi item dan estimasi reliabilitas, (8) validasi konstruk, dan (9) kompilasi final. Pengambilan data menggunakan lembar validasi dan kuesioner melalui Google Form. Validasi isi dilakukan oleh lima orang ahli dengan menggunakan validasi Aiken’s V. Uji coba instrumen dilakukan dengan uji keterbacaan yang melibatkan 27 siswa dan uji terbatas dilakukan di SMP N 8 Yogyakarta dengan melibatkan 153 siswa, dan hasilnya dianalisis menggunakan Exploratory Factor Analysis. Uji coba skala luas melibatkan 983 siswa kelas VIII di tujuh SMPN di Yogyakarta dan hasilnya dianalisis dengan validitas konstruk Confirmatory Factor Analysis dan analisis reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan ICC serta analisis GRM dilakukan untuk mengetahui karakteristik instrumen. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan profil karakter siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Konstruk instrumen yang dikembangkan tersusun menjadi 18 butir pertanyaan, dengan setiap pertanyaan terdiri atas lima pilihan jawaban dan terdiri atas aspek religius, integritas, nasionalisme, gotong royong, dan mandiri; 11 indikator aspek dan 12 indikator butir. (2) Instrumen yang dikembangkan memenuhi kriteria valididitas secara isi dan konstruk serta reliabel. (3) Hasil karakteristik instrumen menggunakan IRT model GRM diketahui instrumen dapat mengukur karakter siswa dalam pembelajaran matematika. (4) Profil siswa SMP dalam menyelesaikan instrumen penilaian karakter pada pembelajaran matematika adalah pada kategori sangat tinggi (37%), sangat rendah (26%), tinggi (16%), sedang (14%), dan rendah (7%)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karakter, matematika, pengembangan instrumen, penilaian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:42
Last Modified: 05 Sep 2024 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83150

Actions (login required)

View Item View Item