Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Berdasarkan Indeks Inklusi di SMA/SMK Kota Yogyakarta.

Ashhsidiqi, M. Hasbih and Harun, Harun (2024) Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Berdasarkan Indeks Inklusi di SMA/SMK Kota Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis_m. hasbih ashshidiqi gusmasita_21701251038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk yaitu 1) Mengidentifikasi kesesuaian penyelenggaraan pendidikan inklusi dengan kriteria indeks inklusi yang ditinjau dari dimensi praktik, kebijakan, dan praktik, 2) Mengidentifikasi hambatan penyelenggaraan pendidikan inklusi, dan 3) Mengidentifikasi rekomendasi yang dapat diberikan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi di SMA/SMK Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model Discrepancy dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 164 peserta didik reguler, dan 99 guru di SMA/SMK Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket serta melalui wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket dengan skala Likert, pedoman wawancara, dan lembar telaah dokumen. Validitas instrumen penelitian dibuktikan dengan menggunakan Formula V Aiken dan validitas konstruk dengan Exploratory Factor Analysis (EFA). Reliabilitas instrumen diestimasi menggunakan uji Cronbach alpha. Teknik analisis deskriptif mengacu pada transformasi data mentah ke dalam suatu bentuk persentase untuk memberikan gambaran ketercapaian pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan inklusi berdasarkan indeks inklusi di SMA/SMK Kota Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi penyelenggaraan pendidikan inklusi berdasarkan indeks inklusi yang ditinjau dari dimensi budaya, kebijakan, dan praktik di SMA/SMK Kota Yogyakarta dapat dinilai baik, namun terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki terkait dukungan-dukungan terkait sarana prasarana dan administrasi sekolah terkait Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di sekolah inklusi SMA/SMK Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pendidikan Inklusi, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Model Discrepancy, SMA, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:48
Last Modified: 11 Sep 2024 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83145

Actions (login required)

View Item View Item