PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA ‘SISTEM KEHIDUPAN DALAM TUMBUHAN’ KELAS VIII DI SMP N 2 PLAYEN

Sidiq , Budisetyawan (2012) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA ‘SISTEM KEHIDUPAN DALAM TUMBUHAN’ KELAS VIII DI SMP N 2 PLAYEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover 08312244049.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 08312244049.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 08312244049.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 08312244049.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 08312244049.pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS IPA Terpadu berbasis inkuiri terbimbing pada tema sistem kehidupan tumbuhan sehingga menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan berdasarkan penilaian dosen ahli, teman sejawat, guru IPA, dan respon dari siswa. Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang terjadi, yaitu pembelajaran yang dilakukan di SMP N 2 Playen belum dilaksanakan secara terpadu dan kurangnya praktikum dalam mempelajari IPA terpadu karena LKS yang digunakan menggunakan LKS dari buku pelajaran. Pengembangan LKS yang dilakukan adalah melaksanakan pembelajaran dalam arah inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pada tahap Define dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, spesifikasi tujuan pembelajaran. Pada tahap Design dilakukan perancangan prototype perangkat pembelajaran. Pada tahap Develop dilakukan validasi dosen ahli, teman sejawat, dan guru IPA, uji lapangan terbatas, dan uji lapangan operasional. Pada tahap Dessiminate dilakukan penyebaran LKS IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing yang merupakan produk akhir hasil pengembangan yang disebar ke SMP lain. Data validasi dosen ahli, teman sejawat, guru IPA, uji lapangan terbatas, dan uji lapangan operasional diperoleh melalui angket. Data validasi ahli digunakan untuk mengetahui kelayakan LKS. Data uji lapangan terbatas dan uji lapangan operasional digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap LKS IPA terpadu. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa dihasilkan produk berupa LKS IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing dengan kategori nilai sangat baik (A) menurut dosen ahli, teman sejawat, dan guru IPA, pada uji terbatas mendapat nilai baik (B), sedangkan pada uji lapangan operasional pada kelas VIII A mendapat nilai baik (B), dan di kelas VIII B mendapat nilai sangat baik (A). Pada setiap aspek syarat kelayakan LKS sebagai media pembelajaran juga mendapat nilai A. Kata kunci: LKS, IPA Terpadu, Inkuri Terbimbing,

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKS, IPA Terpadu, Inkuri Terbimbing,
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 03:03
Last Modified: 29 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8312

Actions (login required)

View Item View Item