Herning Dwi, Danasti (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN STRATEGI GROUP RESUME TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI SISTEM KOLOID PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK TAHUN AJARAN 2011/ 2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - abstrak.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 08303244040.pdf Download (97kB) | Preview |
|
Text
bab 2 - 08303244040.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text
bab 5 - 08303244040.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan dan positif antara prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI SMA N 1 Ngaglik yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Group Resume dengan prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan strategi ekspositori jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini termasuk penelitian true experiment dengan desain posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester 2 SMA N 1 Ngaglik tahun ajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 106 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 70 peserta didik yang terdiri dari dua kelas yaitu, kelas eksperimen (XI IA 3) dan kelas kontrol (XI IA 2). Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah nilai pengetahuan awal kimia peserta didik, nilai prestasi belajar kimia peserta didik dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji anakova Hasil anakova menunjukkan bahwa nilai Fhitung (7,488) > Ftabel (4,00) dengan p = 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI SMA N 1 Ngaglik yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Group Resume dengan prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan strategi ekspositori jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Namun, prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi ekspositori (71,954) lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi group resume (67,731). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran strategi Group Resume tidak efektif untuk meningkatkan prestasi belajar kimia pada materi sistem koloid peserta didik kelas XI semester 2 SMA N 1 Ngaglik tahun ajaran 2011/ 2012. Kata Kunci : Strategi Group Resume, strategi ekspositori, prestasi belajar kimia, sistem koloid.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Group Resume, strategi ekspositori, prestasi belajar kimia, sistem koloid. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 02:57 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8301 |
Actions (login required)
View Item |