Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Number Head Together (NHT) Ditinjau pada Aspek Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima

Mariamah, Mariamah (2012) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Number Head Together (NHT) Ditinjau pada Aspek Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mariamah-10709251012.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Number Head Together (NHT) ditinjau dari aspek prestasi dan motivasi belajar matematika; 2) membandingkan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT ditinjau dari aspek prestasi dan motivasi belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi yang ada diambil dua kelas secara random dan diperoleh sampel siswa kelas X-1 dan X-2. Kelas X-1 belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan X-1 belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar dan angket motivasi belajar. Bukti validitas instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk, untuk bukti validita isi dilakukan validasi ahli, sedangkan bukti validitas konstrak dilakukan analisis fator, diperoleh KMO sebesar 0,543 dan 6 komponen matrik. Estimasi reliabilitas instrumen menggunakan rumus Cronbach Alfa. Hasil Cronbach Alfa untuk instrument prestasi sebesar 0,844 dengan nilai SEM 6,875 dan instrument motivasi sebesar 0,844 dengan nilai SEM 4,432. Untuk menguji keefektifan pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe STAD dan pembelajaran model kooperatif tipe NHT digunakan analisis one sample t test. Perbedaan keefektifan pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe STAD dan pembelajaran model kooperatif tipe NHT dianalisi dengan menggunakan uji T2 Hotelling, dan uji t untuk menentukan model pembelajaran yang manakah yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif ditinjau dari aspek prestasi belajar maupun motivasi belajar matematika; 2) terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika; 3) pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari prestasi belajar matematika; dan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dibanding pembelajaran kooperatif tipe NHT bila ditinjau dari motivasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe STAD, pembelajaran kooperatif tipe NHT, prestasi belajar, motivasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 02:41
Last Modified: 29 Jan 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8283

Actions (login required)

View Item View Item