Pengembangan Instrumen Tingkat Kepuasan Mahasiswa dalam Layanan Akdemik dan Implementasinya di Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap

Ridlo, Lumaur (2012) Pengembangan Instrumen Tingkat Kepuasan Mahasiswa dalam Layanan Akdemik dan Implementasinya di Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lumaur-ridlo-09701251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukur tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik yang valid, reliabel, dan memiliki norma pensekoran yang baku. Sedangkan tujuan khususnya adalah: 1) memperoleh instrumen tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik IAIIG Cilacap, 2) mengestimasi reliabilitas instrumen tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik IAIIG Cilacap, 3) menguji model konstruk ukur tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik IAIIG Cilacap, dan 4) Mendeskripsikan tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik IAIIG Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan survey. Prosedur pengembangan instrumen ini melalui empat tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan diseminasi (desseminate). Subyek coba penelitian ini adalah 32 mahasiswa untuk responden uji coba terbatas, dan 279 untuk uji coba lapangan. Sementara untuk implementasi instrumen dipilih 313 mahasiswa dari 1771 total mahasiswa IAIIG Cilacap sebagai sampel implementasi instrumen dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Jenis instrumen pengumpul data adalah angket skala likert lima opsi pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: 1) estimasi reliabilitas instrumen menggunakan alfa Cronbach, 2) seleksi butir pernyataan menggunakan analisis faktor eksploratori dan 3) uji validitas konstruk instrumen menggunakan analisis faktor konfirmatori, 4) penyusunan kategori dan norma baku tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik menggunakan tendensi sentral dan ukuran penyebaran data, 5) memperoleh gambaran tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik di IAIIG Cilacap tendensi sentral. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) telah didapatkan instrumen tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik IAIIG Cilacap yang valid dan reliabel serta dapat digunakan sebagai salah satu instrumen penjaminan mutu layanan akademik di IAIIG Cilacap, 2) indeks reliabilitas Chronbach-alpha pada instrumen yang dikembangkan ini mendapatkan indeks reliabilitas yang sangat tinggi yaitu 0.971 menujukkan instrumen andal, serta 3) uji model konstruk ukur lima dimensi pengukur tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik IAIIG Cilacap menghasilkan kecocokan antara model konstruk teoritis dengan data empiris. Hal tersebut ditunjukkan dengan goodness of fit index berupa nilai chi-square yang kecil (χ2 = 5,28) dan probabilitas yang tidak signifikan (p = 0,32), serta indikator lainnya yang mendukung justifikasi tersebut. 4). Rata-rata mahasiswa IAIIG Cilacap merespon layanan akademik di IAIIG Cilacap dengan kurang puas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengukuran pendidikan, kepuasan pelanggan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 02:05
Last Modified: 05 Oct 2022 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8261

Actions (login required)

View Item View Item