Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbantuan Komputer pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA/MA Kelas X

Liswijaya, Liswijaya (2012) Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbantuan Komputer pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA/MA Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-liswijaya-10708251040.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran kimia berbantuan komputer untuk kelas X SMA/MA, (2) mengetahui kualitas media pembelajaran kimia berbantuan komputer, dan (3) mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran kimia berbantuan komputer dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Tahapan penelitian ini terdiri dari: (1) pendahuluan, (2) pengembangan produk, dan (3) evaluasi/penilaian produk. Tahap pendahuluan adalah tahap merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran, menetapkan materi pembelajaran, danmerancang evaluasi. Tahap pengembangan produk yaitu menentukan program, menyiapkan materi, membuat flowchart dan story board, membuat produk dan mewujudkan dalam bentuk CD. tahap evaluasi/penilaian produk adalah tahap dimana produk awal di evaluasi yang terdiri dari evaluasi oleh ahli materi, ahli media, pendidik kimia, teman sejawat, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek uji cobba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui kuisioner, obsevasi, angket motivasi dan tes hasil belajar (pretes dan postes). Haasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Pengembangan media pembelajaran kimi berbantuan komputer dilaksanakan sesuai dengan prosedur pengembangan. (2) Media pembelajaran kimia berbantuan komputer yang telah dikembangkan peneliti ditinjau dari aspek kualitas materi pembelajaran, kualitas bahasa, kualitas visual, keterbacaan teks, kualitaas gambar, keserasian warna, kualitas audio, tata letak (lay out), animasi, interaksi dengan media dan kegrafikan menurut ahli materi, ahli media, pendidik kimia, teman sejawat, peserta didik uji coba terbatas maupun peserta didik uji coba lapangan secara umum berkategori baik. hasil tersebut menujukkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran kimia berbantuan komputer yang telah dikembangkan sudah layak untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran sebagai media pembelajaran. (3) Motivasi pesertas didik meningkat. Peserta didik merasa senang, antusias dan tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, hasil belajar peserta didik kelas treatment yang mencapai ketuntasan belajar ada 27 orang dan hanya 2 orang peserta didik yang tidak mencapai ketuntasan belajar sedangkan pada kelas kontrol yang mencapai ketuntasan belajar ada 20 orang dan ada 9 orang peserta didik yang tidak mencapai ketutasan belajar. HAl ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: media pembelajajran berbantuan komputer, motivasi, hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajajran berbantuan komputer, motivasi, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 07:40
Last Modified: 29 Jan 2019 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8241

Actions (login required)

View Item View Item