FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMK NEGERI KELOMPOK TEKNOLOGI DI KABUPATEN BOYOLALI

Joko, Susanto (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMK NEGERI KELOMPOK TEKNOLOGI DI KABUPATEN BOYOLALI. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img] Text
HALAMAN ISI TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
tesis-joko susanto-10702259038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kepuasan kerja guru; (2) pengaruh motivasi kerja guru, kompetensi profesional guru, dan interaksi sosial antar guru terhadap kepuasan kerja guru SMK Negeri Kelompok Teknologi di Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Data dianalisis dengan statistik inferensial. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMK Negeri Kelompok Teknologi di Kabupaten Boyolali yang berjumlah 262 orang guru tersebar dalam lima sekolah. Sampel sejumlah 156 guru ditentukan dengan teknik proportional random sampling menggunakan rumus Isaac & Michael dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data dengan metode survei melalui kuesioner/angket tertulis dengan model Likert. Pengujian validitas instrumen meliputi validitas teoritis dan empiris. Validitas teoritis dilakukan dengan mengkonsultasikan instrumen kepada dua orang ahli (judgement expert), sedangkan validitas empiris dengan mengkorelasikan skor butir dengan skor total. Estimasi reliabilitas menggunakan rumus alpha Cronbach. Uji coba instrumen menggunakan uji coba terpakai. Teknik analisis data meliputi analisis korelasi product moment, korelasi ganda, dan regresi ganda. Sedangkan uji signifikansi menggunakan uji-t dan uji F. Sebelum analisis data, dilakukan uji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Hasil analsis deskriptif menunjukkan tingkat kepuasan kerja guru sangat tinggi. Hasil analisis data menunjukkan motivasi kerja guru, kompetensi profesional guru, dan interaksi sosial antar guru berpengaruh signifikan meningkatkan kepuasan kerja guru dengan persamaan regresi Y = 4,492 + 0,299 X1 + 0,285 X2 + 0,347 X3. Ketiga variabel memberi kontribusi sebesar 54,1% terhadap kepuasan kerja guru. Motivasi kerja guru berpengaruh meningkatkan kepuasan kerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 23,0%. Kompetensi profesional guru berpengaruh meningkatkan kepuasan kerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 10,0%. Interaksi sosial antar guru berpengaruh meningkatkan kepuasan kerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 21,1%. Kata Kunci: kepuasan kerja guru, motivasi kerja, kompetensi profesional, dan interaksi sosial

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepuasan kerja guru, motivasi kerja, kompetensi profesional, dan interaksi sosial
Subjects: Pasca Sarjana
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 07:10
Last Modified: 22 Sep 2022 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8225

Actions (login required)

View Item View Item