PENGARUH KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ‘AISYIYAH YOGYAKARTA

Novita , Budi Kurniatri (2012) PENGARUH KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ‘AISYIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, manajemen pendidikan.

[img]
Preview
Text
08101241036.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang masih aktif kuliah pada tahun ajaran 2011/2012 di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta. Ukuran sampel ditentukan dengan tabel penentuan jumlah sampel yang dikembangkan Isaac dan Michael, dengan tingkat kesalahan 5% dan n=1504. Jumlah sampel penelitian ini sebesar 284 yang terdiri dari 26 mahasiswa angkatan 2008, 20 mahasiswa angkatan 2009, 104 mahasiswa angkatan 2010, dan 134 mahasiswa angkatan 2011. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji kehandalan instrumen penelitian menggunakan uji validitas dengan korelasi Product Moment Karl Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu analisis persentase dan analisis regresi sederhana dengan bantuan program komputer SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas layanan administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Asiyiyah Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (16,089) lebih besar dari ttabel (1,960) dan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,692 pada taraf signifikansi 5%. Koefisien determinasi (r2) sebesar 0,479 dan ini berarti sumbangan efektif layanan administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa adalah 47,9%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:27
Last Modified: 29 Jan 2019 17:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8224

Actions (login required)

View Item View Item