PENINGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI MODEL NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS V SD NEGERI POKOH 2

Mu’arifah, Maulida Putri (2024) PENINGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI MODEL NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS V SD NEGERI POKOH 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI_20108241052_MAULIDA PUTRI MUARIFAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan karakter tanggung jawab siswa kelas V SD N Pokoh 2 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads together (NHT) pada mata pembelajaran PPKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yang berjumlah 29 siswa kelas V SD N Pokoh 2. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Tanggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi karakter tanggung jawab siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Tindakan peningkatan karakter tanggung karakter tanggung jawab siswa dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan mata pembelajaran PPKn yang dilaksanakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT). Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan karakter tanggung jawab siswa kelas V SD N Pokoh 2 pada mata pembelajaran PPkn. Peningkatan karakter tanggung jawab didasarkan pada hasil observasi. Hasil observasi menunjukan adanya peningkatan karakter tanggung jawab siswa pada tindakan prasiklus sebesar 15% meningkat pada siklus I sebesar 64% dengan kategori sangat tinggi. Setelah dilakukan refleksi perbaikan, karakter tanggung jawab siswa meningkat pada siklus II sebesar 88% pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan Hasil tersebut dapat disipulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PPKn melalui model koopeartif tipe Number Heads Together (NHT) dapat meningkatkan karakter tanggung jawab siswa kelas V SD N Pokoh 1. Kata kunci: Model Number Heads Together (NHT), tanggung Jawab, PPKn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Filsafat. Psikologi. Agama > Etika
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:12
Last Modified: 05 Jun 2024 08:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82229

Actions (login required)

View Item View Item