Faktor Pendukung Pelaksanaan Pembelajaran Renang Terhadap Peserta Didik Kelas XI di SMA N 3 Bantul dan SMA N 1 Pajangan Bantul

Romadhona, Devy Ayu (2024) Faktor Pendukung Pelaksanaan Pembelajaran Renang Terhadap Peserta Didik Kelas XI di SMA N 3 Bantul dan SMA N 1 Pajangan Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_devy ayu romadhona_20601241006.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung pembelajaran renang terhadap peserta didik kelas XI di SMA N 3 Bantul dan SMA N 1 Pajangan Kabupaten Bantul. Hasil dari penelitian ini diharapkan sebagai acuan sebelum melakukan pembelajaran renang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Sampel dalam penelitian ini sendiri dari 72 peserta didik di SMA N 3 Bantul dan 60 peserta didik di SMA N 1 Pajangan Kabupaten Bantul. Hasil uji coba instrumen dari 33 butir pernyataan gugur 4 butir pernyataan dan diperoleh 29 butir pernyataan yang valid dan reliabel. Berdasarkan uji reliabilitas diperoleh hasil 0.953. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil dari penelitian faktor pendukung pembelajaran renang terhadap peserta didik kelas XI SMA N 3 Bantul dan SMA N 1 Pajangan Kabupaten Bantul pada kategori faktor guru sebesar 26%, faktor peserta didik sebesar 27%, faktor materi sebesar 16%, faktor sarana dan prasarana sebesar 17%, serta faktor lingkungan sebesar 14%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: faktor pendukung, pembeljaran renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jul 2024 09:23
Last Modified: 25 Jul 2024 09:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82143

Actions (login required)

View Item View Item