Awang, Imanuel Sairo (2012) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Mata Pelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-imanuel-sairo-awang-10712251015.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan keterpaduan perangkat pembelajaran berupa SSP Mata Pelajaran IPA yang dapat mengembangkan karakter peserta didik kelas 2 sekolah dasar, meliputi karakter cinta Tuhan YME, jujur, dan peduli. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development), yang terdiri dari 9 tahap, yaitu studi pendahuluan, perencanaan, mengembangkan produk awal, uji coba awal, revisi produk utama, uji coba lapangan, revisi terhadap produk operasional, uji coba lapangan produk operasional, dan revisi produk final. SSP yang dikembangkan dievaluasi oleh seorang ahli pembelajaran IPA untuk mengetahui validitasnya. Subjek uji coba berjumlah 90 peserta didik terdiri dari 20 peserta didik SD Puren Yogyakarta pada uji coba terbatas sedangkan subjek uji coba lapangan adalah peserta didik SD Caturtunggal IV Yogyakarta dengan satu kelas kontrol sebanyak 35 peserta didik dan satu kelas eksperimen sebanyak 35 peserta didik. Hasil penelitian ini berupa SSP yang meliputi: silabus, RPP, buku ajar, LKPD, dan lembar penilaian. Hasil evaluasi dari ahli pembelajaran IPA untuk menguji tingkat kevalidan SSP menyatakan bahwa SSP yang dikembangkan adalah valid berkategori “baik”. Hasil uji coba menunjukkan bahwa SSP yang dikembangkan dinyatakan layak serta memenuhi kriteria praktis dan efektif dalam mengembangkan karakter peserta didik. Pembelajaran dengan SSP yang dikembangkan mampu mengembangkan karakter cinta Tuhan YME, jujur, dan peduli.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, SSP, karakter |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Dec 2012 07:01 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 04:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8211 |
Actions (login required)
View Item |