PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMA N 1 MERTOYUDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

ABRAM RINEKSO, LANGGENG (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMA N 1 MERTOYUDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover-08520244021.pdf

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -08520244021.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08520244021.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08520244021.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08520244021.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya minat belajar adalah kurang tepatnya penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu dibutuhkan satu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran. Alternatif itu adalah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Penelitian ini bertujuan mengetahui minat belajar sebelum dan sesudah diberi pembelajaran menggunakan metode ceramah dan menggunakan strategi pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan mengetahui perbedaan minat belajar siswa yang diberi pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan minat belajar siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode ceramah di SMA N 1 Mertoyudan Magelang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 1 Mertoyudan Magelang yang berjumlah 288 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 64 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas X B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X B2 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dengan menggunakan empat skala likert. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement dan product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji t (t test). Hasil penelitian menunjukkan minat belajar sebelum dan sesudah diberi pembelajaran meggunakan metode ceramah dan strategi pembelajaran Student Facilitator And Explaining yaitu pada kelas kontrol nilai rata-rata minat belajar sebelum sebesar 58,44, dan sesudahnya sebesar 67,8. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata minat belajar sebelumnya sebesar 59,03, dan sesudahnya 75,97. Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata minat belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan diperoleh t hitung posttest (4,7200) > t tabel (1,6706), terdapat perbedaan minat belajar yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan metode ceramah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 07:01
Last Modified: 29 Jan 2019 17:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8207

Actions (login required)

View Item View Item