EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK GRAMMATIKVISUALISIERUNG DALAM PENGAJARAN GRAMATIKA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL

DEWI USWATUN, CHASANAH (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK GRAMMATIKVISUALISIERUNG DALAM PENGAJARAN GRAMATIKA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07203244042.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-07203244042.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-07203244042.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-07203244042.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-07203244042.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik Grammatikvisualisierung dalam pengajaran gramatika bahasa Jerman di SMA Negeri 2 Banguntapan. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan design pre-test post-test control group. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Banguntapan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI. Pengambilan sampel menggunakan random sampling, diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen (28 peserta didik) dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol (25 peserta didik). Jumlah sampel keseluruhan adalah 53 peserta didik. Pengambilan data menggunakan tes penguasaan gramatika bahasa Jerman yang berjumlah 30 soal. Validitas penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas menggunakan rumus K-R 20. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 7,954 lebih besar dari ttabel 2,007 dengan taraf signifikansi (á) = 0,05 dengan df sebesar 51. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Prestasi gramatika bahasa Jerman peserta didik yang diajar dengan menggunakan teknik Grammatikvisualisierung sebesar 23,17 lebih tinggi daripada prestasi gramatika bahasa Jerman peserta didik yang diajar dengan teknik konvensional, sebesar 18,80. Hal ini berarti penguasaan gramatika bahasa Jerman dengan menggunakan teknik Grammatikvisualisierung lebih efektif dari pada yang menggunakan teknik konvensional dengan bobot keefektifan sebesar 34,56%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 06:59
Last Modified: 29 Jan 2019 17:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8205

Actions (login required)

View Item View Item