HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MUSIKAL DENGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SMP N1 MINGGIR SLEMAN

DAMAR, KURNIADI (2012) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MUSIKAL DENGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SMP N1 MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-06208241018.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-06208241018.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-06208241018.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-06208241018.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-06208241018.pdf

Download (798kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kemampuan musikal dengan kemampuan matematika siswa SMP N 1 Minggir Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk mencari korelasi antara variabel bebas dan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, B, C, D, E, F SMP N 1 Minggir Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 214 siswa. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik simple random sampling karena sampel diambil secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Masing-masing kelas diambil 10 siswa secara acak. Jadi jumlah seluruh sampel adalah (10 siswa X 6 kelas) = 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan musikal dengan kemampuan matematika siswa SMP N 1 Minggir Sleman tahun pelajaran 2011/2012. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya harga r hitung > r tabel (0,802 > 0,250) pada signifikasi 5%. Dan secara perhitungan manual diketahui besarnya r hitung lebih besar dari dengan tabel harga kritik dari r Product Moment (0,362>0,205) pada taraf signifikasi sebesar 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 06:45
Last Modified: 29 Jan 2019 17:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8191

Actions (login required)

View Item View Item