Pengaruh Penggunaan Media Nyata dan Media Gambar Terhadap Peningkatan Minat dan Keterampilan Proses Dasar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Angkinang

Wahyuni, Helda (2012) Pengaruh Penggunaan Media Nyata dan Media Gambar Terhadap Peningkatan Minat dan Keterampilan Proses Dasar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Angkinang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-helda-wahyuni-10708259027.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya pengaruh penggunaan media nyata dalam pembelajaran IPA terhadap peningkatan minat dan keterampilan proses dasar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Angkinang, 2) ada tidaknya pengaruh penggunaan media gambar nyata dalam pembelajaran IPA terhadap peningkatan minat dan keterampilan proses dasar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Angkinang, serta 3) ada tidaknya perbedaan pengaruh antara penggunaan media nyata dan media gambar nyata dalam pembelajaran IPA terhadap peningkatan minat dan keterampilan proses dasar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Angkinang. Penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan Pretest-postest non-equivalent multiple-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan Propinsi Kalimantan Selatan. Sampel penelitian diambil secara purposive (bertujuan) yang dipilih dengan 2 langkah: (1) memilih secara acak 2 kelas dari 3 kelas yang ada, dan (2) memilih kelompok secara acak yang menggunakan media nyata dan media gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal terintegrasi bidang IPA dengan keterampilan proses dasar IPA dan non tes dengan menggunakan angket untuk mengukur minat peserta didik terhadap IPA serta lembar observasi untuk mengetahui keterampilan proses yang ada pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media nyata dan media gambar pada masing-masing variabel, maka data dianalisis dengan paired sample t-test. Kemudian untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh media nyata dan media gambar pada masing-masing variabel, maka data dianalisis dengan independent samples t-test. Pengujian dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 18.0 for windows pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penggunaan media nyata dalam pembelajaran IPA mampu meningkatkan minat dan keterampilan proses dasar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Angkinang, 2) Penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA mampu meningkatkan minat dan keterampilan proses dasar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Angkinang, dan 3) Peningkatan minat dan keterampilan proses dasar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 1 Angkinang disebabkan adanya perbedaan pengaruh penggunaan media nyata dan media gambar dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media nyata, media gambar, minat, keterampilan proses dasar IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 06:44
Last Modified: 29 Jan 2019 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8187

Actions (login required)

View Item View Item