PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN LAGU BUDDHIS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN WONOGIRI

HARIYANTO, HARIYANTO (2012) PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN LAGU BUDDHIS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN WONOGIRI. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img] Text
1 - 09707251018.doc

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar pendidikan Agama Buddha tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Wonogiri antara pembelajaran yang menggunakan media gambar dan lagu Buddhis dibandingkan pembelajaran melalui presentasi materi oleh guru dengan menggunakan buku paket, dan (2) mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran menggunakan buku teks ditambah media gambar dan lagu buddhis terhadap hasil belajar pendidikan Agama Buddha tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Wonogiri dibandingkan presentasi materi oleh guru dengan menggunakan buku paket. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar yang beragama Buddha di Kabupaten Wonogiri. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar yang diperoleh dengan teknik tes. Instrumen tes divalidasi dengan teknik expert judgement kemudian diujicobakan. Hasil ujicoba dianalisis menggunakan SPSS dan itemen 3.00 yang bertujuan mengetahui validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda instrumen. Dari hasil analisis didapat 15 butir soal untuk pretest dan postest. Uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas menggunakan Levence Test pada SPSS. Sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test dan Regressioan Linear pada SPSS. Hasil analisis kemudian diuji signifikansinya pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdistribusi normal dan homogen. Skor hasil belajar dianalisis dan diketahui rata-rata skor pretes 64,125, rata-rata skor postest 69,250 pada kelompok kontrol sedangkan rata-rata pretes 67, 125 dan rata-rata postes 83, 625. Rata-rata peningkatan hasil belajar kelompok kontrol 5,1250 kelompok eksperimen 16,5000. Hasil uji independent sample t test SPSS diketahui Sig. (2-tailed) atau p 0.000. Sedangkan α 0.05 jadi p < α berarti Ho ditolak. Hasil uji regression linear SPSS diketahui Koefisien regresi media gambar dan lagu Buddhis sebesar 0.650 yang memiliki probabilitas (sig.) = 0,000. Sig. < α atau 0,000 < 0,05 maka pengaruh media gambar dan lagu Buddhis adalah signifikan pengaruhnya sebesar 75,1%. Dari Data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan media gambar dan lagu Buddhis lebih berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan Agama Buddha tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Wonogiri. Kata Kunci: media gambar dan lagu Buddhis, hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media gambar dan lagu Buddhis, hasil belajar
Subjects: Pasca Sarjana
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 06:44
Last Modified: 29 Jan 2019 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8186

Actions (login required)

View Item View Item