UPAYA PENINGKATAN KEPEKAAN NADA DALAM TANGGA NADA PENTATONIK DAN DIATONIK MELALUI LISTENING SONGS PADA SISWA SMP NEGERI 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA

BUDI, SISWORO (2012) UPAYA PENINGKATAN KEPEKAAN NADA DALAM TANGGA NADA PENTATONIK DAN DIATONIK MELALUI LISTENING SONGS PADA SISWA SMP NEGERI 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08208244022.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-08208244022.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-08208244022.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-08208244022.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-08208244022.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepekaan nada siswa dalam pembelajaran Seni Musik dengan materi tangga nada pentatonik (kuasi pelog slendro) dan diatonik (mayor dan minor). Media yang digunakan adalah media listening songs yaitu kegiatan mendengarkan lagu model(instrument) yang sesuai dengan jenis tangga nada yang dipelajari untuk merangsang kemampuan membidik nada dan menebak nada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Penelitian dengan subyek tindakan sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan tahapan pokok pembelajaran tangga nada yang meliputi; (1) Memilih lagu yang sesuai dan memiliki kemenarikan bagi siswa (2)Membuat melodi-melodi lagu model dan notasinya(3)Mendemontrasikan di kelas berulang-ulang(4)Menyanyikan bersama-sama dengan notasinya(4) membagi kelas menjadi beberapa kelompok untuk bernyanyi dan memainkan melodi di keyboard.(5)Memberikan latihan tebak nada secara kuis. Dari pelaksanaan pembelajaran tersebut ternyata kepekaan nada siswa meningkat. Hasil peningkatan kepekaan nada siswa ditunjukkan dalam data sebagai berikut. (1) Nilai rata-rata peningkatan kepekaan nada siswa pada Siklus I sampai dengan Siklus II yaitu sebesar 69,99 dan 76,01.(2) Prosentase dan jumlah dari tiap kategori pada siklus II adalah (a) Sangat Baik, sebesar 22,22% atau sejumlah 8 siswa, (b) Baik, sebesar 75% atau sejumlah 27 siswa ,(c) Cukup, sebesar 2,78% atau sejumlah 1 siswa. Dengan nilai ratarata sebesar 76,01dan siswa dalam kategori Baik dan Sangat baik mencapai sekitar 97% maka prosedur proses pembelajaran dalam penelitian ini sangat memungkinkan untuk membantu meningkatkan kepekaan nada siswa dalam mempelajari tangga nada.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 06:40
Last Modified: 29 Jan 2019 17:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8180

Actions (login required)

View Item View Item