FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP DI KOTA YOGYAKARTA

ERI, SETYOWATI (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP DI KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img] Text
tesis-eri-setyowati-10706251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar bahasa Inggris siswa SMP di Kota Yogyakarta baik secara parsial maupun secara simultan. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh adalah lingkungan keluarga, gaya belajar, strategi belajar bahasa dan kemampuan awal siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Populasi penelitian sebesar 6281 siswa kelas IX SMP di Kota Yogyakarta. Sampel penelitian sebesar 342 siswa kelas IX SMP di Kota Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi nilai. Pengukuran validitas instrumen menggunakan validitas product moment correlation. Uji reliabilitas menggunakan Conbrach Alpha. Data dianalisis dengan regresi dengan bantuan program komputer SPSS versi 17.00 for windows. Hasil analisis deskriptif menggambarkan bahwa hasil belajar bahasa Inggris siswa SMP di Kota Yogyakarta terkategori baik (47%), lingkungan keluarga siswa terkategori cukup (46%), gaya belajar siswa terkategori cukup (58%), dan strategi belajar bahasa terkategori cukup (46%) serta kemampuan awal siswa terkategori baik (49%). Hasil analisis regresi parsial menunjukkan lingkungan keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris, sedangkan gaya belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris, strategi belajar bahasa memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris dan kemampuan awal berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan hasil uji F sebesar 143,39 dan besar signifikansi adalah 0,000 pada probabilitas 5% yang berarti secara bersama-sama lingkungan keluarga, gaya belajar, strategi belajar bahasa dan kemampuan awal berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris dengan kontribusi efektif sebesar 63%. Kata Kunci: hasil belajar, bahasa Inggris

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, bahasa Inggris
Subjects: Pasca Sarjana
Perpustakaan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 05:58
Last Modified: 30 Nov 2022 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8177

Actions (login required)

View Item View Item