Pengembangan Soal AKM Numerasi Berbasis Komputer untuk Kelas XI SMA

Fitriyah, Ihda Mutimmatul and Retnawati, Heri (2023) Pengembangan Soal AKM Numerasi Berbasis Komputer untuk Kelas XI SMA. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tesis Ihda Mutimmatul Fitriyah 21701251006.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendesain konstruk soal AKM numerasi berbasis komputer untuk kelas XI SMA, (2) menganalisis kualitas soal AKM numerasi, (3) mengungkapkan kesetaraan soal AKM numerasi yang telah dikembangkan, (4) mendeskripsikan profil peserta didik dalam menyelesaikan soal yang telah dikembangkan, dan (5) mengungkapkan keefektifan soal yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadopsi dari Retnawati (2016a) dengan sembilan langkah yaitu: (1) menentukan tujuan penyusunan instrumen, (2) menentukan cakupan materi, (3) menyusun indikator dan matriks instrumen soal, (4) menyusun butir soal, (5) validasi isi, (6) revisi berdasarkan masukan validator, (7) uji coba, (8) menentukan validitas konstruk, reliabilitas, model fit, dan karakteristik butir soal, serta (9) merakit soal. Uji coba instrumen melibatkan 1.570 peserta didik dari enam SMA negeri di Kota Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar validasi, AKM numerasi terkomputerisasi LMS Moodle, dan angket. Validasi isi dilakukan oleh ahli dengan menggunakan validasi Ainken’s V, dan validitas konstruk dibuktikan melalui Confirmatory Factor Analysis. Karakteristik butir dianalisis menggunakan teori respons butir data campuran dengan model Rasch. Proses penyetaraan dilakukan dengan desain tes dengan butir anchor menggunakan metode Rerata & Rerata. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan profil peserta didik dan keefektifan tes yang dikembangkan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Tes yang dikembangkan terdiri atas 54 butir soal, dalam empat paket soal dengan empat butir anchor di setiap paket dengan lima bentuk soal (pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian). Konteks yang dilibatkan adalah personal, sosial budaya, dan saintifik dengan level kognitif mencakup pemahaman, penerapan, dan penalaran. (2) Tes yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik berdasarkan uji validitas isi, validitas konstruk, reliabilitas, kecocokan butir, dan analisis teori respon butir data campuran model Rasch. Tes tersebut valid, reliabel, dan dapat digunakan untuk mengukur numerasi peserta didik. (3) Empat paket tes tersebut memiliki kesetaraan yang tidak paralel. Setelah paket B, C, dan D disetarakan ke paket A dapat diketahui bahwa paket B dan paket C cenderung setara, namun tidak dengan paket D. (4) Dalam menyelesaikan tes tersebut, siswa berada di bawah kompetensi minimum: 53,7% pada tingkat dasar; 30,9% memerlukan intervensi khusus; 10,8% cakap, dan 4,6% mahir. (5) Keefektifan tes tersebut menunjukkan kepraktisan (72,8%) dan kemanfaatan soal (91,1%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: AKM, berbasis komputer, LMS moodle, numerasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pasca Sarjana
Depositing User: Ihda Mutimmatul Fitriyah 21701251006
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:51
Last Modified: 26 Jun 2024 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81535

Actions (login required)

View Item View Item