KEEFEKTIFAN TEKNIK QUANTUM WRITING DAN CONCEPT MAPPING DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN EKSPOSISI PESERTA DIDIK SMA

ANGGIT, ARUWIYANTOKO (2012) KEEFEKTIFAN TEKNIK QUANTUM WRITING DAN CONCEPT MAPPING DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN EKSPOSISI PESERTA DIDIK SMA. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 10706251007.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keefektifan penggunaan teknik quantum writing, (2) keefektifan penggunaan teknik concept mapping, (3) manakah yang lebih efektif antara teknik concept mapping dan quantum writing, serta (4) manakah yang paling efektif antara teknik quantum writing, concept mapping¸ dan tradisional dalam peningkatan kompetensi menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasihan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah teknik pembelajaran yang terdiri atas tiga kategori, yaitu teknik quantum writing, concept mapping, dan tradisional. Variabel terikat penelitian ini adalah kompetensi menulis karangan eksposisi peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian melalui metode nontes berupa penugasan menulis eksposisi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar penilaian karangan yang disertai rubrik. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi (content validity) dengan dikonsultasikan kepada ahli (expert judgement). Teknik antarrater digunakan untuk menguji reliabilitas instrumen. Teknik analisis data menggunakan Anava satu jalan yang dilanjutkan dengan Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) teknik quantum writing efektif dalam peningkatan kompetensi menulis karangan eksposisi dengan nilai t = 14,307 dan sig (p) < 0,05; (2) teknik concept mapping efektif dalam peningkatan kompetensi menulis karangan eksposisi dengan nilai t = 17,984 dan sig (p) < 0,05; (3) teknik concept mapping lebih efektif daripada teknik quantum writing dengan nilai t = 2,389 dan sig (p) < 0,05; dan (4) terdapat perbedaan penerapan teknik quantum writing, concept mapping, dan tradisional dalam peningkatan kompetensi menulis karangan eksposisi dengan nilai F = 45,257 dan sig (p) < 0,05. Teknik concept mapping paling efektif dalam peningkatan kompetensi menulis eksposisi daripada teknik quantum writing dan tradisional. Kata Kunci: Keefektifan, Quantum Writing, Concept Mapping, Eksposisi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Quantum Writing, Concept Mapping, Eksposisi
Subjects: Pasca Sarjana
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Program Pasca Sarjana
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 03:02
Last Modified: 09 Jan 2013 05:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8130

Actions (login required)

View Item View Item