Tisngati, Urip and Dardiri, Achmad (2023) Pola Pendidikan Karakter bagi Calon Guru Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.
Text
disertasi-urip tisngati-16703261064.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menemukan pola pendidikan karakter bagi calon guru sekolah dasar di STKIP PGRI Pacitan, dan (2) menemukan karakteristik pendidikan karakter bagi calon guru sekolah dasar di STKIP PGRI Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus tunggal, yaitu pola pendidikan karakter bagi calon guru sekolah dasar di STKIP PGRI Pacitan. Sumber data adalah pelaksana pendidikan karakter yang ditentukan melalui purposive sampling dengan syarat aktif menjalankan tugas pokok fungsinya dan memiliki pengetahuan cukup sesuai dengan tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dan dianalisa menggunakan model Spradley meliputi analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema. Teknik keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber serta dianalisa secara thick description sesuai fokus penelitian. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam merumuskan pola pendidikan karakter bagi calon guru sekolah dasar. Polanya berupa integrasi pendidikan karakter pada visi. Visi perguruan tinggi harus dirumuskan dengan jelas dan terukur, sehingga bisa dimengerti dan dijalankan oleh semua pihak, termasuk pimpinan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan alumni. Pendidikan karakter juga diintegrasikan dalam berbagai aspek tri darma perguruan tinggi, seperti pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kegiatan kemahasiswaan, budaya kampus, dan aktivitas sehari-hari relevan dengan peran perguruan tinggi sebagai pusat pendidikan. (2) karakteristik pendidikan karakter bagi calon guru sekolah dasar tereksplorasi pada aspek input, proses, dan output. Input pendidikan karakter tergali dari falsafah Pancasila, konsep Ki Hadjar Dewantara, dan konsep Lickona melalui proses keteladanan pada kegiatan akademik dan nonakademik, intervensi pada kegiatan tridarma perguruan tinggi, habituasi di lingkungan kampus, dan pembudayaan di lingkungan luar kampus sehingga menghasilkan bentuk pengetahuan moral (pengetahuan, kesadaran, pemahaman), perasaan moral (empati, kendali diri), dan tindakan moral (pembiasaan, pembudayaan) serta ditemukan karakter utama: religius, mandiri, disiplin, siaga bencana.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola, Pendidikan Karakter, Calon Guru, Sekolah Dasar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Bimbingan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 02:34 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 02:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81294 |
Actions (login required)
View Item |