PENYUSUNAN E-MODULE PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA “MIKROSKOP CAHAYA SEBAGAI ALAT UNTUK MEMPELAJARI ORGANISASI KEHIDUPAN” DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VII

Candra, Kholifatun (2012) PENYUSUNAN E-MODULE PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA “MIKROSKOP CAHAYA SEBAGAI ALAT UNTUK MEMPELAJARI ORGANISASI KEHIDUPAN” DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VII. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 07312241045.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 07312241045.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 07312241045.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 07312241045.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 07312241045.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan e-module pembelajaran IPA Terpadu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-module pembelajaran IPA Terpadu tema “Mikroskop Cahaya Sebagai Alat untuk Mempelajari Organisasi Kehidupan” yang dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk peserta didik SMP kelas VII semester II, dan menentukan kualitas e-module pembelajaran IPA Terpadu berdasarkan penilaian guru IPA SMP. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Produk awal e-module pembelajaran IPA Terpadu ditinjau dan diberi masukan oleh ahli media, ahli materi dan peer reviewer. Kualitas e-module pembelajaran IPA Terpadu ini dinilai oleh 5 orang guru IPA SMP dengan mengisi angket penilaian yang berisi 7 aspek penilaian dan 35 indikator penilaian . Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif. Selanjutnya data kuantitatif ditabulasi dan dianalisis dengan menggu nakan standar k riteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas e -module pembelajaran IPA Terpadu. Produk penelitian ini berupa e-module pembelajaran IPA Terpadu tema “Mikroskop Cahaya Sebagai Alat untuk Mempelajari Organisasi Kehidupan” untuk peserta didik SMP kelas VII Semester II. Berdasarkan penilaian lima guru IPA SMP, e-module pembelajaran IPA Terpadu ini mempunyai kualitas baik (B) dengan skor rata -rata 14 1,2 dan persentase keidealan 80,69%. Dengan demikian, e-module pembelajaran IPA Terpadu tema “Mikroskop Cahaya Sebagai Alat untuk Mempelajari Organisasi Kehidupan” dapat digunakan sebagai media pembelajaran IPA Terpadu dan sumber belajar mandiri peserta didik SMP kelas VII Semester II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 02:43
Last Modified: 29 Jan 2019 17:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8117

Actions (login required)

View Item View Item