IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TITL 2 SMK N 2 PENGASIH

ADITYA, RACHMAN (2012) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TITL 2 SMK N 2 PENGASIH. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover-06518241024.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-06518241024.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-06518241024.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -06518241024.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -06518241024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan afektif dan prestasi belajar mata pelajaran Mengoperasikan mesin produksi dengan kendali PLC (Programmable Logic Control) dalam materi yang mencakup mengenal PLC, diagram Ladder, pemrograman dan pengoperasian PLC dengan model Learning Cycle 7E pada siswa kelas XI TITL 2 SMK N 2 Pengasih Kulon Progo. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TITL 2. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan mei 2012. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa, dan variabel bebas yaitu model pembelajaran Learning Cycle 7E. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistic deskriptif dan pengolahan data menggunakan aplikasi komputer berbantuan software SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan afektif siswa dengan model pembelajaran Learning cycle (LC) 7E. Hal ini dapat ditunjukkan dari pengamatan aktivitas siswa dalam kelas seperti, adanya peningkatan frekuensi bertanya siswa, keaktifan dalam diskusi kelompok, dan keseriusan siswa selama kegiatan belajar berlangsung. Peningkatan juga dapat dilihat pada persentase nilai ketuntasan siswa saat post test siklus I yaitu 77,42% dan post test siklus II 87,10% jadi peningkatan prestasi dari siklus I ke siklus II yaitu meningkat 9,68%. Selain itu, peningkatan juga dapat dilihat dari hasil perhitungan evaluasi proses pembelajaran yang dilakukan dengan model pembelajaran learning cycle 7E mengalami peningkatan dengan ditunjukkan oleh nilai rerata sebesar 78,11 pada siklus I dan 84,01 pada siklus II. Kata kunci : Penelitian Tindakan, Learning Cycle 7E, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan, Learning Cycle 7E, Prestasi Belajar
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 02:07
Last Modified: 29 Jan 2019 17:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8111

Actions (login required)

View Item View Item