KHARISMA, NANDA VERUNA ENUN (2023) Pengembangan Buku Dongeng Digital untuk Meningkatkan Integritas dan Mengurangi Learning Loss Siswa Kelas III Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
Text
7.20712251060 0_Nanda Veruna Enun Kharisma.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan media buku dongeng digital untuk meningkatkan integritas dan mengurangi learning loss siswa kelas III SD, 2) mengetahui kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, 3) mengetahui kepraktisan produk berdasarkan respon siswa dan guru, 4) mengetahui keefektifan produk untuk meningkatkan integritas dan mengurangi learning loss siswa kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan pada Agustus-September 2021 dan Juli- September 2022. Penelitian diawali dengan analisis kebutuhan di SD Negeri Wuluhadeg dan SD Negeri 2 Gadingharjo di Kabupaten Bantul. Validasi produk meliputi validasi ahli materi dan ahli media. Uji coba one-to-one dan uji coba small group dilakukan pada subjek empat dan 12 orang siswa kelas III SD Negeri Wuluhadeg. Uji coba field trial dilakukan pada seluruh siswa kelas III SD Negeri 2 Sorobayan yang berjumlah 16. Implementasi dilakukan melalui quasy experiment dengan subjek siswa kelas III SD Negeri 2 Gadingharjo yang masing- masing berjumlah 15 orang untuk kelas eksperimen (rombel A) dan kelas kontrol (rombel B). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, skala, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji-t dan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) dengan taraf signifikansi 5% (0,05); uji N-Gain; dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) buku dongeng digital yang dihasilkan yaitu VIRTUE-BOOK. Produk tersebut dihasilkan dari analisis kebutuhan bahwa siswa dan guru kelas III SD membutuhkan media pembelajaran untuk meningkatkan integritas dan mengurangi learning loss yang dapat digunakan pada pembelajaran daring maupun luring. (2) Buku dongeng digital dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan skor 3,7 dan ahli media dengan skor 3,56. (3) Buku dongeng digital sangat praktis digunakan berdasarkan hasil respon siswa dengan rerata skor 89,90% dan respon guru dengan rerata skor 3,6. (4) Buku dongeng digital efektif untuk meningkatkan integritas dan mengurangi learning loss berdasarkan hasil uji-t dan MANOVA yang memperoleh signifikansi < 0,05. Besarnya peningkatan integritas dan peningkatan hasil belajar yang menunjukkan berkurangnya learning loss di kelas eksperimen berdasarkan uji N-Gain pada variabel integritas sebesar 0,72 (kategori tinggi), sedangkan variabel learning loss 0,65 (kategori sedang). Besarnya pengaruh buku dongeng digital di kelas eksperimen berdasarkan uji effect size pada variabel integritas sebesar 1,05 (kategori besar) dan learning loss 1,2 (kategori besar).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: buku dongeng digital, integritas, learning los |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 02:13 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 02:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80979 |
Actions (login required)
View Item |