UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA ANAK KELOMPOK B DARUL ATHFAL (DA) COKROAMINOTO 01 KALIBENDA, BANJARNEGARA

YANI, ZUHRIYAH (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA ANAK KELOMPOK B DARUL ATHFAL (DA) COKROAMINOTO 01 KALIBENDA, BANJARNEGARA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08111241037.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08111241037.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08111241037.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08111241037.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08111241037.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada anak kelompok B Darul Athfal (DA) Cokroaminoto 01 Kalibenda, Banjarnegara. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek tindakan adalah anak kelompok B DA Cokroaminoto 01 Kalibenda, Banjarnegara yang berjumlah 24 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Peningkatan keterampilan berbicara dikatakan berhasil apabila 80% dari 24 jumlah anak telah mencapai indikator keterampilan berbicara pada kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara dapat meningkat setelah diberi tindakan. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan ketuntasan keterampilan berbicara sebesar 33,3% sehingga masih pada kriteria tidak baik. Pada siklus I meningkat menjadi 50% yaitu menjadi kriteria kurang baik dan pada siklus II mencapai 83,3% sehingga sudah mencapai kriteria baik. Pada siklus II keterampilan berbicara telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 83,3% dari 24 jumlah anak telah mencapai indikator keterampilan berbicara pada kriteria baik. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Kata kunci : keterampilan berbicara, model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 03 Dec 2012 02:42
Last Modified: 29 Jan 2019 17:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8074

Actions (login required)

View Item View Item