VERA ARIESTA, DEWI (2012) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1-08403244004.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-08403244004.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-08403244004.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5-08403244004.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-08403244004.pdf Download (24MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa; (2) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa; (3) Pengaruh Kinerja Guru dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 93 siswa. Data dikumpulkan dengan metode angket untuk data variabel Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru dan Kemandirian Belajar. Kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Akuntansi. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji heteroskedestisitas, linieritas dan uji multikolinieritas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, analisis regresi satu prediktor dan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara ditunjukkan dengan nilai rx1y sebasar 0,664 dan nilai thitung sebesar 8,476 lebih besar dari ttabel 1,980 (8,476>1,980); (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara ditunjukkan dengan nilai rx2y sebesar 0,721 dan nilai thitung sebesar 9,930 lebih besar dari ttabel 1,980 (9,930>1,980); (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara ditunjukkan dengan nilai Ryx(1,2) sebesar 0,816 dan R2 sebesar 0,666. Ini berarti 66,60% Prestasi Belajar Akuntansi dipengaruhi oleh Kinerja Guru dan Kemandirian Belajar. Sedangkan 33,40% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Akuntansi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Akuntansi |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 03 Dec 2012 02:36 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8031 |
Actions (login required)
View Item |