Mentari, Rafinda Putri and Jaedun, Amat (2023) Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran Bilingual Pada Mata Pelajaran Matematika dan IPA Di SMP Swasta DIY. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
Text
tesis-rafinda putri mentari-21701251041.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pelaksanaan program pembelajaran bilingual di sekolah menengah pertama (SMP) swasta di DIY ditinjau dari komponen (1) konteks, (2) masukan, (3) proses, dan (4) produk. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model evaluasi CIPP (context, input, process, dan product) dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, kuesioner, observasi dan melalui wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di empat SMP swasta di DIY, yakni SMP Budi Mulia Dua, SMP Kesatuan Bangsa, SMP Mutiara Persada, dan SMP Tumbuh. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti program bilingual, guru kelas bilingual, dan penanggung jawab kurikulum masing-masing sekolah. Pembuktian validitas instrumen menggunakan formula Aiken dan validitas konstruk dengan Exploratory Factor Analysis (EFA). Reliabilitas instrumen diestimasi menggunakan uji Cronbach Alpha dan Intraclass Correlation Coefficient (ICC). Teknik analisis deskriptif digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian program bilingual di SMP swasta di DIY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pembelajaran bilingual di empat SMP swasta yang diteliti adalah sebagai berikut: (1) komponen context sudah sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan kurikulum sekolah; (2) komponen input di SMP Budi Mulia Dua 74% berada pada kategori baik, di SMP Kesatuan Bangsa 76% berada pada kategori baik, di SMP Mutiara Persada 62% berada pada kategori cukup baik, dan di SMP Tumbuh 78% berada pada kategori baik. Artinya, keempat sekolah yang diteliti sudah memiliki sarana dan prasana yang memadai dan kesiapan sumber daya manusia yang mumpuni; (3) komponen process di SMP Budi Mulia Dua 70% berada pada kategori baik, di SMP Kesatuan Bangsa 76% berada pada kategori baik, dan SMP Tumbuh 79% berada pada kategori baik. Artinya, ke empat sekolah tersebut telah melaksanakan program bilingual di kegiatan pembelajaran sesuai dengan indikator yang ditetapkan; (4) komponen product di empat SMP swasta yang diteliti memiliki hasil bahwa nilai kelas bilingual lebih tinggi daripada kelas Nasional
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, pembelajaran bilingual, SMP swasta |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 06:57 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 06:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80242 |
Actions (login required)
View Item |