Hidayat, Moh. Syarif and Retnawati, Trie Hartiti (2023) Pengembangan Model Penilaian Kinerja Guru Sejarah di SMA. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi-moh. syarif hidayat-16701269005.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menghasilkan konstruk model penilaian kinerja guru sejarah di SMA , (2) menghasilkan deskripsi kualitas model , (3) menghasilkan deskripsi hasil penilaian kinerja guru sejarah menggunakan model yang dikembangkan, dan (4). menghasilkan deskripsi keefektifan model Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Kegiatan untuk menganalisis kebutuhan model penilaian yang dilanjutkan dengan telaah literatur untuk mendapatkan konstruk model . Produk awal model dikembangkan dengan melakukan konfirmasi kepada pakar, praktisi dan pengguna model yang berjumlah 6 orang. Uji coba model dilakukan pada sekolah SMA Negeri di 3 Kabupaten/Kota yaitu Pangandaran, Banjar dan Ciamis dengan melibatkan 270 responden pada ujicoba terbatas dan 500 responden pada ujicoba diperluas. Data hasil uji keterbacaan instrumen model, panduan penggunaan model, kelayakan model dianalisis secara deskriptif kuantitatif sedangkan hasil ujicoba instrumen dianalisis dengan Exploratori Factor Analisys (EFA), dan Confirmatory Factor Analisys (CFA) dengan menggunakan bantuan software JASP 0.7.2.1 untuk mendapatkan gambaran validitas konstruk dan Cronbach Alfa untuk mendapatkan nilai estimasi reliabilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian bisa dijabarkan sebagai berikut. 1) Konstruk model penilaian kinerja guru sejarah dapat disusun dengan a) Input yaitu kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial dan Kepribadian. b) proses yaitu tugas-tugas guru sejarah yang terdiri dari historical knowladge, historical method, historical value. c) output yaitu kompetensi siswa terdiri dari Kognitif, Afektif dan Psikomotor. 2) Model memiliki kualitas panduan model yang sangat baik atau layak dan instrumen yang valid dan reliabel, seperti yang ditunjukan oleh nilai koefisien validitas isi (V) Aiken yang berada pada rentang 0,80-1.00, validitas konstruk ditunjukan oleh koefisien Loading factor > 0,3. Instrumen telah diuji secara empirik sehingga diperoleh model yang fit. Memiliki p-value sebesar 0,088 (p>0.05), RMSEA sebesar 0.049 (<0,08), nilai NFI 0.93 (>0.9), CFI 0.98 (>.0.9) dan IFI sebesar 0.98 (>0,90). 3) hasil penilaian kinerja guru sejarah di sekolah-sekolah SMA menunjukan bawa desain model penilaian kinerja guru sejarah termasuk kriteria yang sangat baik. 4) keefektifan model mendapat penilaian sangat baik dari expert dan pengguna.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Penilaian, Kinerja Guru, Sejarah |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah Pendidikan > Pendidikan Menengah |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:19 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 04:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80079 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |