KESIAPAN SMP NEGERI 1 BANTUL DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENUJU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

Reftina Kustyaning , Astiwi (2012) KESIAPAN SMP NEGERI 1 BANTUL DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENUJU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07404241036.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-07404241036.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-07404241036.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-07404241036.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). mengetahui tingkat kesiapan guru dilihat dari segi kualifikasi pendidikan, pengalaman mengajar, penguasaan bahasa Inggris, kompetensi guru, serta penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, 2). tingkat kesiapan siswa dilihat dari persyaratan administratif, kemampuan akademik, penguasaan bahasa Inggris, serta minat dan motivasi siswa, 3). tingkat kesiapan sarana prasarana di SMP Negeri 1 Bantul dalam pelaksanaan pembelajaran menuju Sekolah Bertaraf Internasional. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang ada di SMP Negeri 1 Bantul. Sampel diambil dengan teknik propotional simple random sampling. Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan Nomogram Harry King. Penelitian dilakukan terhadap 78 guru dan 198 siswa. Pengujian instrumen dilakukan dengan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas terhadap 30 responden guru dan 30 responden siswa. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesiapan guru dilihat dari segi kualifikasi akademiknya belum 100% guru berpendidikan S1 dan jumlah guru berpendidikan S2 belum ada 20% dari jumlah keseluruhan guru, belum seluruhnya guru memiliki pengalaman mengajar lebih dari 5 tahun, kompetensi kepribadian dalam kategori tinggi, kompetensi pedagodik dalam kategori tinggi, kompetensi sosial dalam kategori tinggi, kompetensi professional dalam kategori tinggi, penguasaan bahasa Inggris dalam kategori sedang, penguasaan teknologi informasi dalam kategori sedang. (2) kesiapan siswa dilihat dari persyaratan administrasi sudah memenuhi, dilihat dari kemampuan akademik nilai mata pelajaran IPA dan Matematika mayoritas masih kurang dari 70, penguasaan bahasa Inggris dalam kategori sedang, minat siswa dalam kategori sedang, motivasi siswa dalam kategori tinggi. (3) kesiapan sarana prasarana dilihat dari luas lahan yang digunakan kurang memenuhi, kelengkapan rungan masih kurang yaitu ruang laboratorium kimia tidak ada.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Nov 2012 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 17:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8002

Actions (login required)

View Item View Item