Rizbudiani, Adilla Desy and Jaedun, Amat (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Pada Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) UNY. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis-adilla desy rizbudiani-19701251034.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen dari instrumen penilaian program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) pada bidang Teknik Sipil di Program Studi Program Profesi Insinyur. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahap penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Pelaksanaan penelitian ini dengan cara melakukan Forum Group Discussion (FGD). Pelaksanaan Forum Group Discussion (FGD) dilakukan sebanyak 3 kali dengan 9 ahli. Sembilan ahli tersebut diantaranya ahli 5 ahli dalam bidang Teknik Sipil, 3 ahli dalam bidang Profesi Insinyur, dan 1 ahli dalam bidang Pengukuran bidang Teknik Sipil. Penilaian dari kesembilan ahli menghasilkan nilai untuk validitas V Aiken dan reliabilitas dengan bantuan program Excel dan SPSS. Nilai hitung V Aiken akan dibandingkan dengan koefisien yang didapatkan dari tabel V Aiken (0,72). Hasil penelitian yang didapatkan diantaranya pada hasil pengembangan produk hasil terdapat kisi-kisi, rubrik penilaian dan instrumen tiap mata kuliah di Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) UNY. Hasil kelayakan instrumen, didapatkan dari 50 butir pernyataan, tergolong dalam butir yang “valid”. Nilai rerata yang didapatkan sebesar 0,85 dan tergolong dalam “valid”. Pada hasil FGD 1 menunjukkan saran dan masukkan lebih difokuskan pada butir-butir instrumen mata kuliah Praktik Keinsiyuran yang seimbang dengan bobot 12 SKS. Hasil FGD 2 menunjukkan saran dan masukkan terkait dengan mata kuliah PSPPI yang memiliki kriteria tersendiri. Hasil FGD 3 menunjukkan saran dan masukkan terkait dengan justifikasi rubrik penilaian masing- masing mata kuliah.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Insinyur, RPL, Teknik Sipil |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 27 Nov 2023 02:55 |
| Last Modified: | 27 Nov 2023 02:55 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
