IMPLEMENTASI KURIKULUM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL PADA JURUSAN IPS DI SMA N 1 YOGYAKARTA

M. AFIF, SYAIFULLOH (2012) IMPLEMENTASI KURIKULUM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL PADA JURUSAN IPS DI SMA N 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07404241043.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-07404241043.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-07404241043.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-07404241043.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-07404241043.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional pada Jurusan IPS di SMA N 1 Yogyakarta meliputi tahap perencanaan kurikulum dan tahap penerapan kurikulum dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif.Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi ciri khas jurusan IPS sebagai nara sumber utama serta Kepala sekolah dan Wakil Kepala sekolah Bidang Kurikulum sebagai nara sumber. Subjek penelitian dipilih dengan cara purposive sampling.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dengan cara interactive model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional pada jurusan IPS bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengembangkan potensi siswa seutuhnya. Persiapan yang dilakukan sebelum melaksanakan kurikulum RSBI ialah dengan melengkapi indikator penyelenggaraan SBI, menyiapkan kompetensi guru serta menyiapkan sarana dan prasarana. Dalam proses perencanaan kurikulum, sekolah melibatkan seluruh warga sekolah dengan membentuk tim penyusun kurikulum. Tim ini terdiri dari guru dan komite sekolah. Untuk mengembangkan kurikulum pada masing-masing mata pelajaran, di sekolah membentuk MGMP. Sekolah melakukan uji publik yang bertujuan untuk memperbaiki kurikulum yang telah disusun dengan melibatkan Perguruan Tinggi, Dinas Pendidikan dan masyarakat. Kemudian, dalam penyusunan program pembelajaran dilakukan dengan menganalisis kebutuhan dan kelemahan siswa serta menyusun perangkat pembelajaran. Penerapan kurikulum RSBI dalam kegiatan pembelajaran dibagi dalam tiga kegiatan pokok, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir pembelajaran. Metode yang sering digunakan seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab. Media yang digunakan sudah berbasis IT dan bahan ajar yang digunakan dari berbagai sumber sesuai dengan materi pembelajaran. Selanjutnya, evaluasi pembelajaran dilakukan dengan penilaian berbasis kelas. Untuk ujian sertifikasi Cambridge, sekolah memfasilitasi bagi siswa yang mau dan mampu untuk mengikuti ujian sertifikasi tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Nov 2012 00:19
Last Modified: 29 Jan 2019 17:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7956

Actions (login required)

View Item View Item