ALVIYATUN ENDAH , SAPUTRI (2012) MENINGKATKAN SIKAP PLURALITAS MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUTIKVISTIK PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI TAMANAN I KECAMATAN KALASAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
COVER - 08108241013.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1- 08108241013.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 - 08108241013.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 - 08108241013.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN - 08108241013.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan sikap pluralitas siswa kelas VA SD Negeri Tamanan I Kecamatan Kalasan dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas tipe kolaboratif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri Tamanan I Kecamatan Kalasan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Tanggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah angket, observasi, dan wawancara. Sebelum digunakan dalam penelitian, angket divalidasi secara empirik dan expert judgment. Reliabilitas angket dihitung menggunakan alpha cronbach. Data hasil observasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif sementara angket dianalisis secara kuantitatif persentase. Hasil penelitian pra tindakan menunjukkan bahwa sikap pluralitas siswa rendah. Skor rata-rata kelas baru mencapai 56 dan persentase ketuntasannya adalah 53,3%. Guru melakukan tindakan menggunakan pendekatan konstruktivistik yang memvariasikan berbagai metode pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata kelas menjadi 66 dan persentase ketuntasan meningkat menjadi 60,0%. Guru melakukan perbaikan pembelajaran konstruktivistik yang disertai pemberian dorongan untuk aktif bertanya, umpan balik, penguatan, dan pembagian kelompok secara acak pada siklus II, sikap pluralitas siswa semakin meningkat. Nilai rata-rata kelasnya meningkat menjadi 70 dan persentase ketuntasan meningkat menjadi 80,0%. Kata kunci : Sikap Pluralitas dan pendekatan pembelajaran konstruktivistik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Pluralitas dan pendekatan pembelajaran konstruktivistik. |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 29 Nov 2012 00:19 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7951 |
Actions (login required)
View Item |