Faktor-Faktor Determinan Keberhasilan Implementasi Kebijakan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing di Perguruan Tinggi di DIY.

Yuwono, Dwi Margo and Kumaidi, Kumaidi (2023) Faktor-Faktor Determinan Keberhasilan Implementasi Kebijakan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing di Perguruan Tinggi di DIY. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-dwi margo yuwono-16701261028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) implementasi kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17 tahun 2017 (PERMENDIKBUD NO 17 TAHUN 2017) tentang level dan standar kelulusan dalam penyelenggaraan program BIPA di Indonesia, khususnya program BIPA telah dilaksanakan di tiga perguruan tinggi (PT) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan serta permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kebijakan ini. Penelitian ini menggunakan desain parallel mixed-method. Metode kualitatif digunakan untuk mengetahui proses implementasi kebijakan program BIPA dan merumuskan indikator terhadap faktor-faktor keberhasilan dalam implementasi kebijakan, dan metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis keberhasilan implementasi Standar Kelulusan bagi program BIPA. Sumber data dalam penelitian ini adalah tiga pengelola, enam Pengajar, dan 54 pemelajar BIPA di tiga PT di DIY. Analisis data deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil wawancara dan analisis SEM dengan bantuan SMART-PLS 3 digunakan untuk menganalisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan PERMENDIKBUD NO 17 TAHUN 2017 dapat dilaksanakan dengan baik walaupun beberapa faktor masih didesain ulang demi efisiensi waktu pencapaian standar kelulusan program BIPA bagi mahasiswa yang terbatas waktu studinya. Faktor-faktor determinan dalam keberhasilan program BIPA di perguruan tinggi DIY dalam mengimplementasikan kebijakan adalah faktor instruksional menunjukkan nilai koefisien sebesar 0,464 nilai p-values sebesar 0,021 dan t-statistik sebesar 2.311. Nilai p-values 0,021 kurang dari 0,05 dan nilai t-statistik sebesar 2.311 lebih dari dari t-tabel 1.960. sedangkan faktor non instruksional menunjukkan nilai koefisien sebesar 0,364 nilai p-values sebesar 0,043 dan t-statistik sebesar 2.031. Nilai p- values 0,043 kurang dari 0,05 dan nilai t-statistik sebesar 2.031 lebih dari dari t- tabel 1.960.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Program BIPA, Kebijakan SKL BIPA, Determinan Keberhasilan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:23
Last Modified: 09 Nov 2023 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79430

Actions (login required)

View Item View Item