Suciyati, Alfi and Suryadarma, IGP (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Biologi IDEAL Etnosains Suku Tidung untuk Meningkatkan Environmental Attitude dan Literasi Sains Mahasiswa. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi-alfi suciyati-18703261023.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Model Pembelajaran IDEAL Etnosains Suku Tidung yang: 1) layak untuk meningkatkan environmental attitude dan literasi sains mahasiswa calon guru biologi; 2) praktis diterapkan untuk meningkatkan environmental attitude dan kemampuan literasi sains mahasiswa; 3) efektif untuk meningkatkan environmental attitude dan literasi sains mahasiswa. IDEAL merupakan akronim dari tahapan pembelajaran, yaitu: Identify the problem and related ethnoscience - Define goals - Explore ethnoscience possible strategies - Act using ethnoscience - Look back and connect with science. Produk yang dihasilkan yaitu Model Pembelajaran Biologi IDEAL Etnosains Suku Tidung. Produk tersebut dijabarkan dalam bentuk Buku Model, Buku Panduan Penerapan Model, SAP, Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), dan Buku Materi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan pendekatan Dick, Carey & Carey. Data yang dikumpulkan yaitu data kelayakan model, kepraktisan model, dan keefektifan penerapan Model Pembelajaran Biologi IDEAL Etnosains Suku Tidung dalam meningkatkan environmental attitude dan literasi sains mahasiswa. Subjek uji coba yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Borneo Tarakan berjumlah 90 orang. Uji keefektifan menggunakan independent sample t test. Karakteristik utama Model Pembelajaran IDEAL Etnosains Suku Tidung adalah adanya integrasi antara tahapan I-D-E-A-L sebagai langkah pemecahan masalah dengan keunikan Etnosains Tidung dan aspek literasi sains. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Biologi IDEAL Etnosains yang dihasilkan masuk dalam kategori sangat layak dan memiliki tingkat kepraktisan pada kategori sangat praktis. Model yang dihasilkan tersebut efektif dalam meningkatkan environmental attitude dan kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru biologi. Hal tersebut dilihat dari hasil independent sample t test dengan nilai signifikansi (2-tailed) kurang dari 0,05.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnosains, Environmental Attitude, Literasi Sains |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 07:29 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 07:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |