Pemikiran Muhammad Husen (MH) dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Daerah Sukabumi-Cianjur Jawa Barat.

Amarulloh, Anas and Dardiri, Ahmad (2023) Pemikiran Muhammad Husen (MH) dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Daerah Sukabumi-Cianjur Jawa Barat. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-anas amarulloh-16703261065.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) kondisi sosio historis yang melatarbelakangi pemikiran Muhammad Husen (MH), (2) pemikiran dan coraknya, dan (3) peran pemikiran Muhammad Husen (MH) dalam pengembangan pendidikan Islam di daerah Sukabumi-Cianjur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif studi tokoh dengan metode historis. Pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang relevan. Analisis datanya menggunakan teknik interpretasi hermeneutis, induksi dan deduki, koherensi intern, holistika, dan kesinambungan historis. Subjek penelitiannya terdiri dari berbagai lembaga pendidikan yang dikelola oleh para penerusnya, yang antara lain terdiri dari: Pesantren Al-Hidayah Pasekon; Pondok Pesantren Cimangkok; Pondok Pesantren Pasanggrahan; Pondok Pesantren Qodiriyah Cibeber; Pondok Pesantren Raudhatussibyan Buniwangi; Pondok Pesantren Al-Hidayah Ranji; Madrasah dan Majlis Taklim Cimuncang/Pasantren dan Mora; dan lembaga pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Hasanain Zakaria Mustofa Bojongsawah. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut. (1) Latar belakang pemikiran Muhammad Husen (MH) dalam pengembangan pendidikan Islam dipengaruhi oleh faktor internal pendidikan dan nasab kalangan para keluarganya, guru-guru intelektual tasawuf falsafi Nusantara pada abad ke- 17, dan para tokoh tasawuf falsafi generasi awal dunia Muslim, serta faktor eksternalnya dipengaruhi oleh kondisi sosio historis perkembangan pemikiran Islam yang menjadi mainstream pemikiran Islam pada abad ke- 17, dan ke-18. (2) Pemikirannya dalam pengembangan pendidikan Islam berupa pemikiran sufistik yang bercorak neosufisme sejalan dengan perkembangan pemikiran yang menjadi mainstream kala itu. (3) Perannya dalam pengembangan pendidikan Islam, yaitu sebagai transmiter diseminasi gagasan neosufisme dengan pendekatan pendidikan tasawuf/sufistik yang secara paradigmatik dilanjutkan oleh para penerusnya melalui lembaga pendidikan pondok pesantren, madrasah diniyah, dan majlis taklim di Daerah Sukabumi-Cianjur.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Pemikiran MH, Sufistik, neosufisme, pendidikan tasawuf, dan pengembangan pendidikan Islam.
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pasca Sarjana
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:56
Last Modified: 01 Nov 2023 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79329

Actions (login required)

View Item View Item