PEMBELAJARAN EKONOMI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS IIA KUTOARJO JAWA TENGAH 2012

JANU, GUMILAR (2012) PEMBELAJARAN EKONOMI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS IIA KUTOARJO JAWA TENGAH 2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08404244020.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-08404244020.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-08404244020.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-08404244020.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-08404244020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah hak asasi bagi setiap orang. Hukum nasional maupun internasional menegaskan bahwa setiap orang berhak atas pendidikan yang layak. Anak adalah penerus generasi bangsa yang seharusnya mendapatkan hak atas pendidikan, begitu pula narapidana anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran ekonomi di Lembaga Pemasyarakatan Anak kelas IIA Kutoarjo, bagaimana perencanaan, proses, evaluasi dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode deskreptif dengan pendekatan kualitatif unuk menggambarkan pelaksanaan pembelajaran ekonomi di Lapas Anak Kelas IIA Kutoarjo. Subjek dari penelitian ini adalah penghuni Lapas Anak yang berusia sekitar 16tahun yaitu peserta didik kejar paket C. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyaji data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa perencanaan yang dipersiapkan oleh guru ekonomi belum sesuai dengan administrasi guru seperti silabus, RPP sudah ada tapi belum sesuai dengan kurikulum dan jenjang yang ditempuh peserta didik. Proses pembelajaran belum ada interaksi antara guru dan peserta didik, dalam penyampaian materi guru masih monoton dengan ceramah dan tidak menggunakan variasi dalam penyampaian materi. Evaluasi dilakukan dengan cara mengadakan ulangan dan ujian semesteran untuk menentukan nilai di rapor. Kendala yang dialami dalam pembelajaran ekonomi di lapas ini antara lain partisipasi siswa dan keaktifan siswa kurang, buku pedoman dan panduan yang kurang lengkap, sarana dan sarana yang kurang memadai., seperti perpustakaan, komputer, proyektor. Kata kunci: Narapidana anak, Lapas Anak, Pembelajaran Ekonomi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Narapidana anak, Lapas Anak, Pembelajaran Ekonomi
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 03:37
Last Modified: 29 Jan 2019 17:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7895

Actions (login required)

View Item View Item