PELAKSANAAN PROGRAM PANTI SOSIAL BINA REMAJA DALAM MEMBANTU REMAJA PUTUS SEKOLAH MENJADI TENAGA KERJA TERAMPIL DI TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA

RIZQA BAYU, WICAKSANA (2012) PELAKSANAAN PROGRAM PANTI SOSIAL BINA REMAJA DALAM MEMBANTU REMAJA PUTUS SEKOLAH MENJADI TENAGA KERJA TERAMPIL DI TRIDADI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 07102244012.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1 - 07102244012.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2 - 07102244012.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5 - 07102244012.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 07102244012.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pelatihan keterampilan montir sepeda motor di Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta (2) Faktor pendukung pelatihan keterampilan montir sepeda motor di Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta (3) Faktor penghambat pelatihan keterampilan montir sepeda motor di Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, instruktur, dan peserta pelatihan yaitu remaja di Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta khusus program keterampilan montir sepeda motor yang berjumlah 12 orang. Pengumpulan data dilakukaan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pelatihan keterampilan montir sepeda motor dilakukan dengan tahapan persiapan yaitu rekruitmen dan seleksi peserta pelatihan, pelaksanaan pelatihan seperti pemberian materi melalui teori dan praktik, dan evaluasi melalui tes tertulis dan praktik, yang menunjukkan hasil beragam sampai tahap praktik kerja lapangan dan direkrut langsung untuk bekerja sebanyak 6 orang serta 6 orang lainnya belum berkesempatan untuk bekerja; 2) Faktor pendukung pelaksanaan pelatihan keterampilan montir sepeda motor yaitu: a) respon positif dari masyarakat, b) kemauan peserta yang tinggi, c) adanya kerjasama dari berbagai instansi, d) Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlatih dan memadai; 3) Faktor penghambatnya adalah a) karakteristik / fokus peserta yang berbeda dalam menerima pelatihan, b) latar belakang kehidupan peserta sebelum masuk panti, c) perlunya pembaharuan fasilitas. Kata Kunci : pelatihan, keterampilan, montir sepeda motor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelatihan, keterampilan, montir sepeda motor.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 03:16
Last Modified: 29 Jan 2019 17:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7882

Actions (login required)

View Item View Item