PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI PENJUMLAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR SPONGEBOB BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS III DASAR DI SLB BINA TARUNA MANISRENGGO KLATEN

PUTRI DESI , RACHMAWATI (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI PENJUMLAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR SPONGEBOB BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS III DASAR DI SLB BINA TARUNA MANISRENGGO KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 07103241041.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 07103241041.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 07103241041.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 07103241041.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 07103241041.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan pada mata pelajaran matematika dengan bantuan media gambar Spongebob bagi siswa tunarungu kelas III dasar di SLB Bina Taruna Manisrenggo Klaten. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3x pertemuan. Subjek penelitian yaitu 3 siswa tunarungu kelas III. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan panduan observasi dan data tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan operasi penjumlahan pada mata pelajaran matematika dengan bantuan media gambar Spongebob mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi tindakan siklus I nilai masing-masing siswa meningkat. Akan tetapi hasil evaluasi tindakan siklus I belum optimal sehingga perlu dilakukan siklus II dengan beberapa revisi, yang berupa: pengelolaan waktu diperbaiki, adanya latihan, adanya penjelasan penggunaan media, modifikasi penggunaan media untuk pertemuan pertama, redaksi soal evaluasi diperjelas. Hasil evaluasi tindakan siklus II menunjukkan nilai masing-masing siswa mengalami peningkatan. Subjek I mengalami peningkatan 43% termasuk kriteria baik. Subjek II mengalami peningkatan 47% termasuk kriteria baik. Subjek III mengalami peningkatan 30% termasuk kriteria amat baik. Hasil evaluasi tindakan siklus II nilai masing-masing siswa melebihi nilai kriteria ketuntasan minimum sebesar 60 yang sebelumnya telah ditentukan. Jadi dapat disimpulkan media gambar Spongebob dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan pada mata pelajaran matematika bagi siswa tunarungu kelas III dasar di SLB Bina Taruna Manisrenggo Klaten. Kata kunci: Peningkatan Kemampuan Operasi Penjumlahan, Media Gambar Spongebob, Anak Tunarungu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemampuan Operasi Penjumlahan, Media Gambar Spongebob, Anak Tunarungu.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:30
Last Modified: 29 Jan 2019 17:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7875

Actions (login required)

View Item View Item