PELAKSANAAN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PERIODE 2010-2011

NOVIA DWI, REGUNING (2012) PELAKSANAAN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PERIODE 2010-2011. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 07104244083.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 07104244083.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 07104244083.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 07104244083.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 07104244083.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan dan pengembangan karyawan di koperasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2010-2011 beserta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan subyek penelitian dengan menggunakan teknik purposive yaitu subyek dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Dengan teknik tersebut diperoleh subyek penelitian yaitu 3 orang karyawan tetap dan 1 orang Ketua bidang Personalia kopma UNY periode 2010-2011. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan pelatihan dan pengembangan karyawan di kopma UNY periode 2010-2011 meliputi : a) Analisis kebutuhan yang terdiri dari analisis organisasional sesuai dengan visi kopma UNY, analisis pekerjaan pada pengetahuan yang diberikan dan analisis pada individu yang berpotensi. b) Kegiatan pelatihan dan pengembangan yaitu pelatihan bahasa Inggris, sistem informasi, komputer, barista, kepemimpinan, customer service, finger print, dan alih tugas karyawan. Metode yang digunakan yaitu mempraktekkan langsung, menggunakan peran-peran tertentu, seperti seminar dan alih tugas karyawan. c) Evaluasi dilihat dari reaksi karyawan yang sangat antusias, karyawan memperoleh tambahan ilmu, dari perilaku meningkatkan kinerja, semangat dan tujuan tercapai. Evaluasi dengan menggunakan penilaian prestasi kerja, rapat evaluasi dan koordinasi (2) Faktor pendukung yaitu motivasi karyawan yang tinggi, keinginan untuk berkembang dan rasa memiliki pada divisinya. Faktor penghambat yaitu kendala pengaturan waktu dikarenakan adanya sistem shift karyawan dan biaya dikarenakan Kopma UNY belum merupakan organisasi yang besar. Kata kunci : pelatihan dan pengembangan, karyawan, koperasi mahasiswa,

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelatihan dan pengembangan, karyawan, koperasi mahasiswa,
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:29
Last Modified: 29 Jan 2019 17:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7868

Actions (login required)

View Item View Item