PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS WIYATA UTAMA KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011/2012

MAYA KURNIA, UTAMI (2012) PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS WIYATA UTAMA KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08108249127.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108249127.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108249127.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108249127.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108249127.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri di Gugus Wiyata Utama Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-postfacto. Sementara pelaksanaan penelitiannya menggunakan penelitian sampling. Populasi penelitian ini adalah 206 siswa. Cara pengambilan ukuran sampel menggunakan rumus Cochran dengan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh 132 anggota sampel. Teknik pengambilan anggota sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data fasilitas belajar di rumah sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar. Sebelum penelitian dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Uji validitas menggunakan product moment, sedangkan reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi sederhana dengan uji prasyarat normalitas, linieritas, nonkolinieritas, dilanjutkan dengan menghitung koefisien determinasi (r2). Uji normalitas dihitung menggunakan One-Sample Kolmogorov- Smirnov Test, uji liniertias dihitung dengan Uji F, uji nonkolinieritas dihitung menggunakan rumus product moment dan koefisien determinasi dihitung dengan mengkuadratkan indeks koefisien product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan fasilitas belajar di rumah sebesar 27% dengan interval 88,5 – 97,9 jumlah responden 36 siswa, sedangkan prestasi belajar 24% dengan interval 66,4 – 70,5 jumlah responden 32 siswa. Pemanfaatan fasilitas belajar di rumah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 28%. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan analisis regresi yaitu F hitung 4,68 > F tabel 3,92 pada taraf signifikansi 5%. Kata Kunci: pemanfaatan fasilitas belajar di rumah, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan fasilitas belajar di rumah, prestasi belajar.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:28
Last Modified: 29 Jan 2019 17:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7859

Actions (login required)

View Item View Item