PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA PADA MATERI CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES-TOURNAMENT SISWA KELAS V SD N GODEAN 2 TAHUN AJARAN 2011/2012

LITA, LISTIYANI (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA PADA MATERI CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES-TOURNAMENT SISWA KELAS V SD N GODEAN 2 TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08108241043.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108241043.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108241043.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108241043.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108241043.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games- Tournament siswa kelas V SD Negeri Godean 2. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Godean 2 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap-tiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar IPA, lembar observasi kegiatan siswa, dan lembar observasi guru dalam menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Teams Games-Tournament. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPA siswa SD N Godean 2. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor motivasi belajar dari pra tindakan yaitu 1,71 atau masuk dalam kriteria kurang dan mengalami peningkatan pada siklus I setelah diberi tindakan yaitu berupa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Games-Tournament dimana siswa dibentuk dalam kelompok heterogen untuk melakukan diskusi, melakukan permainan berupa mengisi teka-teki silang, dan siswa dibentuk secara homogen untuk melakukan turnamen, skor rata-rata menjadi 2,44 atau masuk dalam kriteria baik. Mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 3,15 atau masuk dalam kriteria baik dengan diberi tindakan berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournament dimana siswa dibentuk kelompok secara heterogen dengan pembagian tugas, melakukan permainan yaitu menyusun puzzle, dan siswa dibentuk dalam kelompok homogen untuk melakukan turnamen dimana sebelum turnamen dilaksanakan kedudukan siswa dalam meja turnamen digeser sesuai dengan poin yang diperoleh pada turnamen pertama. Kejadian ini menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Teams Games-Tournament dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V pada materi cahaya. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournament, motivasi belajar IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournament, motivasi belajar IPA.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:25
Last Modified: 29 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7840

Actions (login required)

View Item View Item