Wiyatmo, Yusman and Rosana, Dadan (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi Berbasis Kemampuan Encoding dan Concept Networking (PIBKE-dCN) Untuk Mereduksi Miskonsepsi dan Menumbuhkan Sikap Kreatif Mahasiswa Calon Guru Fisika. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi-yusman wiyatmo-19703261057.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) menghasilkan desain model pembelajaran pemrosesan informasi berbasis kemampuan encoding dan concept networking (PIBKE- dCN) hipotetik yang layak untuk mereduksi miskonsepsi dan menumbuhkan sikap kreatif mahasiswa calon guru fisika, 2) menghasilkan model pembelajaran PIBKE-dCN yang layak praktis, dan efektif untuk mereduksi miskonsepsi dan menumbuhkan sikap kreatif mahasiswa calon guru fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D model. Pada tahapan Define dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran. Pada tahapan Design dilakukan penyiapan kerangka konseptual model pembelajaran PIBKE-dCN dan mensimulasikan model dalam skala kecil. Pada tahapan Develop dilakukan expert appraisal dan developmental testing untuk mendapatkan model yang layak dan efektif. Pada tahapan Disseminate dilakukan penyebarluasan produk model PIBKE-dCN pada pengguna. Produk penelitian yang dikembangkan adalah: model pembelajaran PIBKE-dCN, modul, dan LKM. Kelayakan produk dinilai oleh 2 orang validator ahli. Instrumen penelitian berupa tes miskonsepsi, tes kemampuan encoding, tes kemampuan concept networking, angket sikap kreatif, dan angket respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran PIBKE-dCN. Tes kemampuan encoding digunakan untuk menjaring data kemampuan mahasiswa dalam menyandikan materi fisika dengan simbol, gambar, dan pemaknaan. Tes concept networking digunakan untuk mengkur kemampuan mahasiswa dalam membangun jejaring konsep. Instrumen tes dan angket divalidasi oleh 2 orang ahli. Validitas tes dan angket dianalisis dengan Aikens’V. Validitas empiris tes dan angket dianalisis dengan model Rash. Butir tes/angket dinyatakan valid jika memiliki INFITMSQ 0,77-1,33. Reliabilitas tes/angket detentukan dengan koefisien KR-20. Tes/angket dinyatakan reliabel jika koefisien KR-20 > 0,7. Produk diujicobakan secara terbatas pada 75 mahasiswa prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY dan diujicobakan secara luas pada 124 mahasiswa prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY dan FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Efektivitas model pembelajaran PIBKE-dCN dianalisis dengan uji MANOVA. Hasil penelitian ini adalah: 1) desain model pembelajaran PIBKE-dCN adalah: mengacu pada teori belajar Gagne dan model memori Lorayne dan Lucas. Sintaks: penyampaian informasi, tahap encoding, tahap concept networking, dan evaluasi. Sistem sosial: mahasiswa dan dosen bekerjasama dalam tim untuk mengonstruksi materi. Prinsip reaksi: dosen membantu mahasiswa dalam mengidentifikasi simbol, merepresentasikan fenomena dalam bentuk gambar, dan membuat jejaring konsep. Sistem pendukung: modul, LKM, media visual. Dampak pembelajaran: penguatan jejaring konsep, penguatan memori, dan penguasaan materi, serta reduksi miskonsepsi. Dampak pengiring: penguatan berfikir divergen dan peningkatan sikap kreatif, 2) model pembelajaran PIBKE-dCN layak, praktis, dan efektif untuk mereduksi miskonsepsi dan menumbuhkan sikap kreatif mahasiswa dengan effect size masing-masing sebesar 0,81 dan 0,86 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | encoding, concept networking, miskonsepsi, dan sikap kreatif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 08:28 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 08:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |