Pengaruh Prestasi Akademik, Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik melalui Self-Efficacy terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa.

Umara, Andi Maga and Pardjono, Pardjono (2023) Pengaruh Prestasi Akademik, Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik melalui Self-Efficacy terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-andi maga umara-21702251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh secara langsung antara: a) prestasi akademik terhadap kesiapan mengajar; b) motivasi intrinsik terhadap kesiapan mengajar; c) motivasi ekstrinsik terhadap kesiapan mengajar; d) self-efficacy terhadap kesiapan mengajar. (2) Pengaruh secara tidak langsung antara: a) prestasi akademik terhadap kesiapan mengajar melalui self-efficacy; b) motivasi intrinsik terhadap kesiapan mengajar melalui self-efficacy; c) motivasi ekstrinsik terhadap kesiapan mengajar melalui self-efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto untuk menguji hipotesis. Teknik analis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang terdiri dari analisis regresi sederhana, analisis jalur dan uji sobel. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik UNG angkatan 2018 dan 2019. Populasi dari subjek penelitian yaitu sebanyak 167 responden, dan sampel yang digunakan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa instrumen yang telah divalidasi oleh ahli dan telah diuji validitas dengan hasil nilai r hitung > r tabel (0.254), dan uji reliabilitas dengan hasil nilai Cronbach’s alpha > 0,6 sehingga instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif secara langsung antara: a) prestasi akademik terhadap kesiapan mengajar sebesar 14,1%; b) motivasi intrinsik terhadap kesiapan mengajar sebesar 57%; c) motivasi ekstrinsik terhadap kesiapan mengajar sebesar 29,1%; d) self-efficacy terhadap kesiapan mengajar sebesar 42,9%. (2) Terdapat pengaruh positif secara tidak langsung antara: a) prestasi akademik terhadap kesiapan mengajar melalui self- efficacy sebesar 20,9%; b) motivasi intrinsik terhadap kesiapan mengajar melalui self-efficacy sebesar 74,1%; c) motivasi ekstrinsik terhadap kesiapan mengajar melalui self-efficacy sebesar 43,3%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan mengajar, motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik, prestasi akademik, self-efficacy
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:04
Last Modified: 26 Jul 2023 04:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78340

Actions (login required)

View Item View Item